Ahad 12 Feb 2023 07:41 WIB

Angin Puting Beliung Merusak Puluhan Rumah di Jepara

Jumlah kerugiannya masih dalam pendataan petugas di lapangan.

Warga berada di rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di  Jepara, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Warga berada di rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Jepara, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Bencana puting beliung yang terjadi di Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengakibatkan 31 rumah warga desa setempat mengalami kerusakan secara bervariasi.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, peristiwa bencana puting beliung di Desa Dongos tersebut terjadi pada Jumat (10/2) pukul 23.50 WIB.

Sebelum peristiwa bencana alam tersebut melanda desa setempat, kata dia, terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Kemudian sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada genteng atap rumah berserakan karena ditiup angin.

Berdasarkan data sementara, rumah warga yang terdampak bencana alam tersebut tercatat ada 31 unit dengan tingkat kerusakan bervariasi. "Saat ini masih proses pendataan, guna memastikan jumlah rumah warga yang rusak kategori ringan, sedang dan berat," ujarnya.

Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa karena tidak ada rumah warga yang mengalami kerusakan sangat parah. Sementara kerugiannya, kata dia, masih dalam pendataan petugas di lapangan.

Bencana angin puting beliung di Jepara berulang kali terjadi. BPBD Jepara pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cuaca seperti sekarang ini, terutama yang berada di daerah rawan bencana alam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement