Kamis 02 Mar 2023 16:09 WIB

Deklarasi Dukung Anies, Demokrat Jatim: Sesuai Harapan Kader

Demokrat Jatim siap mengikuti apapun keputusan DPP Demokrat.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak .
Foto: Dadang Kurnia
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak .

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak menyambut baik deklarasi yang dilakukan DPP Partai Demokrat untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Menurut Emil deklarasi tersebut sudah sesuai harapan.

Karena jauh sebelum deklarasi dilakukan, kader Demokrat, khususnya di Jatim, sudah banyak yang berharap agar mantan gubernur DKI itu diusung sebagai capres 2024. "Ada kesinambungan antara keputusan politik Partai Demokrat dan akseptabilitas kader Demokrat Jatim atas sosok Mas Anies (Anies Baswedan)" kata Emil, Kamis (2/3/2023).

Wagib Jatim itu kembali menegaskan, kader Demokrat Jatim sudah lama menginginkan Anies Baswedan diusung sebagai capres 2024. Terkait siapa cawapres ideal bagi Anies, menurut Emil, sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah yang paling pas.

"Intinya sudah sesuai dengan keinginan kader. Dari tayangan saat deklarasi tadi, terlihat chemistry dan kecocokan keduanya (Anies dan AHY) dalam menyampaikan misi perubahan dan perbaikan," ujarnya.

 

Meski demikian, Emil menegaskan, Demokrat Jatim tetap menghormati keputusan DPP Partai Demokrat yang menyepakati calon wakil presiden akan ditentukan oleh Anies Baswedan. Artinya, kata dia, Demokrat Jatim siap mengikuti apapun keputusan DPP Demokrat.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat AHY baru saja mengumumkan partainya resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

AHY menyatakan, keputusan mendukung Anies ditetapkan melalui rapat Majelis Tinggi Partai (MTP) yang memiliki wewenang dalam menetapkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Demokrat.

"Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau, Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama, ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan," tegas AHY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement