Selasa 07 Mar 2023 08:39 WIB

UGM - Mitra Industri Bontang Kerja Sama Riset dan Program Magang

Mahasiswa peserta magang juga meningkat kompetensinya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Ova Emilia, mengunjungi PT Pupuk Kaltim, Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Ova berharap kunjungan tersebut dapat memperkuat sinergi dengan industri mulai dari kerja sama pendidikan, magang, kerja praktik, tugas akhir mahasiswa, eksekutif training, join research, dan lain-lain.

"Kemitraan antara industri dan UGM perlu terus menerus didorong untuk saling mendapatkan manfaat bagi para pihak," kata Ova, Senin (6/3).

Menurut dia, hasil-hasil riset yang berasal dari perguruan tinggi tidak mungkin banyak gunanya apabila tidak diimplementasikan oleh pihak industri. Sebaliknya, dunia industri yang lebih banyak pengalaman dan terlibat langsung menghadapi dinamika riil di masyarakat juga memerlukan bantuan perekayasa dari perguruan tinggi untuk memecahkan masalah dasar atau yang bersifat implementatif.

Rektor juga mencontohkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada awal 2020 semakin dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak dan bahkan diakui oleh dunia internasional.

"Kegiatan MBKM terbukti mendukung kebutuhan industri, terutama kebijakan magang dengan waktu yang lebih panjang yaitu minimal enam bulan. Industri terbantu dan mahasiswa peserta magang juga meningkat kompetensinya karena selama magang dilatih melalui training, mentoring, dan diikutsertakan dalam real project," ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi mengenai pengembangan kerja sama ke depan. Sejumlah pengembangan kerja sama yang diusulkan di antaranya kerja sama pengelolaan sampah dan limbah,  pengembangan pupuk yang lebih efisien.

Kemudian, kerja sama pendidikan, kerja sama penelitian, praktisi mengajar, pelatihan bagi karyawan industri, penelitian sistem untuk deteksi dini emosi staf, data analitik (big data), data proses dan sensorik, CSR dari PKT.

Kedatangan rektor didampingi sejumlah jajaran dekan maupun wakil dekan dari berbagai fakultas. Di antaranya Fakultas Geografi, Pertanian, Psikologi,  Filsafat, Sekolah Vokasi, Sekolah Pascasarjana, Isipol.

Selain itu juga diikuti oleh beberapa kepala pusat studi. Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi, turut hadir menerima kedatangan rektor UGM. Selain Rahmad, perwakilan industri yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya PT Kaltim Parna Industri, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Kaltim Methanol Industri.

Pada pertemuan tersebut disepakati akan ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan workshop untuk membahas detail kerja sama, dengan mengundang perwakilan dari industri yang hadir saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement