Ahad 19 Mar 2023 11:14 WIB

Buka Puasa di Masjid Jogokariyan, Tiap Hari Bakal Tersedia 3.500 Takjil

Beberapa kegiatan lain dihadirkan selama bulan Ramadhan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Masjid Jogokariyan, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Masjid Jogokariyan, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sejumlah program dan kegiatan disiapkan takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta selama bulan Ramadhan 2023. Salah satu yang rutin dilaksanakan adalah menyediakan takjil buka puasa gratis bagi masyarakat.

Seperti ditegaskan Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Ustaz Muhammad Jazir, tahun ini Masjid Jogokariyan juga kembali menghadirkan buka puasa bersama yang dilakukan tiap hari. Setidaknya, 3.500 porsi takjil per hari yang disiapkan untuk masyarakat sejak awal hingga akhir puasa.

Terkait hal ini, takmir Masjid Jogokariyan juga membuka donasi untuk berbagi ribuan porsi makanan selama Ramadhan. Donasi dapat dilakukan masyarakat dari Rp 15 ribu, yang merupakan harga satu porsi makanan/takjil.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi, dapat melalui http://bit.ly.bukapuasajogokariyan atau dapat berdonasi ke Rekening Buka Puasa Ramadhan melalui BSI dengan nomor rekening 7196601966.

"Kegiatan selama Ramadhan, mulai dari ibadah Ramadhan, ada kegiatan buka puasa yang kita sediakan 3.500 piring per hari dari hari pertama sampai hari terakhir," kata Jazir.

Selain itu, kegiatan lain yang dihadirkan selama Ramadhan yakni pasar sore, shalat Tarawih berjamaah, kemudian shalat Subuh, juga diskusi-diskusi tematik.

Menyangkut diskusi tematik selama Ramadhan ini, Jogokariyan akan fokus dalam pemberdayaan ekonomi dan budaya. Hal ini juga dikarenakan Masjid Jogokariyan sudah ditetapkan sebagai Kampung Budaya Jawa Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Jadi nanti kita ada cerdas cermat bahasa Jawa dan hal lainnya yang terkait budaya Jawa Kesultanan. Nanti kita akan coba mengenalkan kuliner Kesultanan dari HB (Hamengku Buwono) 1 sampai HB terakhir (saat ini)," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement