Senin 20 Mar 2023 08:51 WIB

Grup K-Pop TWICE Cetak Sejarah di Amerika Serikat

Album READY TO BE memperoleh total penjualan 153 ribu unit album.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Grup TWICE
Foto: Wikimedia
Grup TWICE

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Grup TWICE baru saja mencetak sejarah baru untuk industri K-pop di Amerika Serikat. Capaian ini tentu membuat TWICE dan penggemarnya bangga.

Dilansir dari laman Soompi pada Senin (20/3/2023), Billboard secara resmi telah mengumumkan mini album baru TWICE READY TO BE telah debut di nomor dua di Billboard 200. Capaian ini berhasil diperoleh setelah karya tersebut mencapai penjualan mingguan AS terbesar dari artis K-pop perempuan mana pun.

Berdasarkan Luminate (sebelumnya Nielsen Music), READY TO BE memperoleh total penjualan 153 ribu unit album. Jumlah ini berhasil didapatkan selama minggu yang berakhir pada 16 Maret 2023. Hal ini menandai capaian minggu terbesar yang pernah dicapai oleh grup K-pop perempuan.

Adapun total skor album terdiri atas 145.500 penjualan album tradisional (rekor baru untuk artis K-pop perempuan). Kemudian 7.000 unit streaming equivalent album (SEA)—yang berarti 10,28 juta streaming audio sesuai permintaan selama sepekan.

Mini album ini juga mengumpulkan 500 unit track equivalent album (TEA) di minggu pertamanya. Dengan angka yang mengesankan seperti itu, TWICE pun digadang-gadang akan debut di nomor pertama pada pekan berikutnya.

Namun TWICE harus menghadapi persaingan ketat dari One Thing at a Time milik Morgan Wallen. Album tersebut telah mengumpulkan penjualan hingga 259 ribu unit album pada minggu yang sama.

Saat ini TWICE menjadi artis K-pop perempuan pertama dalam sejarah yang menempatkan tiga album di peringkat tiga teratas Billboard 200. Kemudian juga menjadi yang pertama memetakan empat album di 10 besar.

Untuk diketahui, READY TO BE merupakan entri keenam TWICE secara keseluruhan yang masuk di chart tersebut. Sebelumnya, ada MORE & MORE (yang debut di nomor 200), Eyes wide open (Nomor 72), Taste of Love (Nomor 6) , Formula Cinta: O+T=<3 (Nomor 3), dan BETWEEN 1&2 (Nomor 3). Saat ini, tidak ada artis K-pop perempuan lain yang memiliki lebih dari empat entri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement