Senin 20 Mar 2023 12:34 WIB

Ramadhan Fair 2023 Bantu Pelaku IKM Sleman Pasarkan Produk

Sebanyak 200 IKM Sleman menawarkan lebih dari 600 produk.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.
Foto: Dokumen
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN –  Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka acara Ramadhan Fair dan Pasar Murah Sembako, Senin (20/3/2023). Acara tersebut digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman dalam rangka menjelang bulan Ramadhan.

Kustini mengatakan agenda tersebut menjadi akses yang tepat untuk membantu IKM dalam mempromosikan produknya. Dengan diselenggarakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, Kustini berharap target pasar akan menjadi semakin luas tak hanya masyarakat sekitar yang dapat berbelanja, namun juga diramaikan oleh ASN di lingkup Pemkab Sleman.

“Usaha untuk mendekatkan ASN dan masyarakat pada IKM ini menjadi cara yang tepat. Sehingga produk IKM Sleman semakin dikenal luas oleh masyarakat dan pembeli juga mudah untuk mengaksesnya. Saya ajak untuk bapak ibu ASN untuk turut meramaikan Ramadhan Fair dengan berbelanja produk asli Sleman,” ajak Kustini.

Ia turut menyerahkan bantuan sosial hasil kerja sama dengan Baznas Sleman berupa 75 paket sembako. Paket tersebut diserahkan secara simbolis kepada delapan warga kurang mampu. Bupati pun berharap, bantuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Pemerintah Kabupaten Sleman terus berusaha agar masyarakat sejahtera lahir dan batin. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan oleh Baznas bisa memenuhi kebutuhan bapak ibu penerima jelang bulan puasa ini, dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Mae Rusmi, mengatakan pada tahun ini, Ramadhan Fair menghadirkan 200 Industri Kecil Menengah (IKM) di Sleman dengan menawarkan lebih dari 600 produk, mulai dari produk makanan, minuman, hingga fashion.

Mae menambahkan, Ramadhan Fair diselenggarakan untuk mendekatkan masyarakat dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mencari produk berbuka puasa, konsumsi rapat, serta parcel untuk kebutuhan Lebaran mendatang.

“Acara tahunan ini diselenggarakan dalam rangka membantu para IKM, khususnya yang tergabung di galeri Upakarti dan galeri Dekranasda, untuk meningkatkan omzet dalam menghadapi momen puasa dan lebaran. Sedangkan digelarnya pasar murah ini untuk mendekatkan ASN dan masyarakat dengan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ungkapnya.

Ditambahkan, Ramadhan Fair diselenggarakan mulai dari 20 Maret hingga 20 April 2023. Sementara itu, untuk Pasar Murah Sembako hadir selama dua hari, yakni pada 20-21 Maret 2023. Bagi masyarakat yang ingin bergabung pada kedua agenda tersebut, diharapkan membawa KTP dan kantong belanja untuk mempermudah proses transaksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement