Selasa 28 Mar 2023 11:31 WIB

Perbaikan Jembatan Juwana Pati Ditarget Rampung Sebelum Lebaran

Gubernur sempat menyoroti penambahan SDM untuk mempercepat penyelesaian jembatan itu.

Pengecekan perbaikan Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Web
Pengecekan perbaikan Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno menyebutkan perbaikan Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, ditargetkan sudah rampung pada April. Sehingga pada Lebaran 2023 sudah bisa digunakan pengguna jalan.

"Di Juwana memang ada pengecoran (jembatan). Sudah tinggal menunggu kematangan beton," kata Sumarno di sela peluncuran Program Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) Bank Indonesia di Semarang, Senin. "Insya Allah bulan April 2023, sebelum Lebaran sudah difungsikan," katanya.

Untuk infrastruktur jalan lainnya, pemprov terus melakukan langkah perbaikan dan pemeliharaan menyambut arus mudik Lebaran 2023, tetapi tidak sampai menutup arus lalu lintas. "Kalau untuk pemeliharaan kan tidak perlu ditutup jalannya. Kami lakukan pemeliharaan, seperti penambalan-penambalan," kata Sumarno.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga telah meminta penyelesaian perbaikan Jembatan Juwana dipercepat guna mengurangi kemacetan lalu lintas. Saat itu, Ganjar menyoroti penambahan sumber daya manusia (SDM) untuk mempercepat penyelesaian jembatan tersebut.

Mengenai penambahan SDM sebenarnya sudah disampaikan Ganjar dalam pengecekan sebelumnya, sebab pekerjaan akan lebih cepat jika jumlah pekerja lebih banyak sehingga kemungkinan Jembatan Juwana bisa selesai lebih awal.

Menurut dia, kecepatan pengerjaan tidak bisa ditawar sebab berkaitan dengan kualitas dari bangunan jembatan tersebut. Soal kemacetan lalu lintas yang ditimbulkan adanya perbaikan Jembatan Juwana, Ganjar mengakui hal itu tidak bisa dihindari.

Namun demikian, bisa diselesaikan dengan mencari pangkal dari macet itu untuk diurai sehingga dirinya telah meminta bantuan Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng untuk membantu. Sebagai informasi, Jembatan Juwana pada sisi utara sempat terbakar pada Mei 2022 sehingga kondisinya saat ini melengkung dan ditutup bagi pengguna jalan.

Pembangunan jembatan pun sempat akan dilakukan pada Juni 2022, namun tertunda karena belum ada jalur alternatif yang siap digunakan. Kemudian, pada Juli 2022 proses pekerjaan bangunan Jembatan Juwana sebelah utara mulai dilakukan.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement