Kamis 30 Mar 2023 03:50 WIB

Sebelum Bekerja, ASN Temanggung Bertadarus Alquran

Diharapkan dalam satu bulan bisa mengkhatamkan Alquran 30 juz.

ASN dan pegawai THL sedang tadarus Alquran sebelum memulai aktivitasnya (ilustrasi).
Foto: Dok Diskominfo Purwakarta
ASN dan pegawai THL sedang tadarus Alquran sebelum memulai aktivitasnya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang beragama Islam sebelum memulai pekerjaan melakukan tadarus Alquran selama bulan Ramadhan 1444 H. Hal itu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan dalam menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M, Pemkab Temanggung mencanangkan gerakan peningkatan ibadah.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Temanggung Nomor 800/003 Tahun 2023 tentang Peningkatan Kegiatan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H tertanggal 27 Maret 2023.

Dalam gerakan peningkatan ibadah tersebut dengan ketentuan bagi pegawai yang beragama Islam agar memakai baju Muslim/Muslimah pada Rabu, Kamis, dan Jumat. "Untuk perangkat daerah yang melaksanakan enam hari kerja, pada Sabtu tetap memakai seragam yang berlaku pada hari itu," katanya.

 

Kemudian perangkat daerah agar melaksanakan kegiatan tadarus Alquran bagi pegawai mulai pukul 07.30 WIB. Kegiatan tadarus Alquran dipimpin dan dikoordinasikan oleh pimpinan perangkat daerah masing-masing-masing.

"Diharapkan dalam satu bulan bisa mengkhatamkan Alquran 30 juz, minimal satu kali," katanya. Ia menuturkan kegiatan tadarus Alquran di masing-masing perangkat daerah agar di-link-kan melalui aplikasi Zoom.

Untuk para camat agar mengikutsertakan pemerintah desa/kelurahan di wilayah masing-masing yang teknis pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing camat.

"Dengan keimanan dan ketakwaan yang meningkat, kami berharap kinerja para pegawai semakin tinggi, tanggung jawab sosial semakin tinggi, tanggung jawab pelayanan terhadap masyarakat dan dedikasi juga semakin tinggi," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan Dinas Pendidikan sudah menindaklanjuti surat edaran bupati tersebut mulai hari ini.

"Kami hari ini sudah melaksanakan kegiatan menggunakan pakaian seragam bernuansa Islami dan kami sudah mulai melakukan tadarus Alquran pagi tadi," katanya.

Ia menuturkan kegiatan tadarus Alquran di Dinas Pendidikan dibagi dua kelompok untuk lantai bawah dan lantai atas, masing-masing dipimpin oleh pegawai yang dinilai memiliki kemampuan dalam membaca Alquran.

Agus Sujarwo menyebutkan kegiatan tadarus Alquran dilaksanakan pukul 7.30- 8.30 WIB. "Tadarus Alquran dilakukan sekitar satu jam sebelum pegawai mulai bekerja sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement