Sabtu 01 Apr 2023 05:12 WIB

Jumlah Penderita TBC Situbondo Capai 1.188 Orang

Dinkes terus gencar melakukan pendataan terhadap penyakit menular.

TBC (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
TBC (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat sepanjang 2022 jumlah penderita penyakit tuberkolosis (TBC) mencapai 1.188 orang. Hal ini seiring petugas kesehatan gencar melakukan pendataan.

"Dari jumlah penderita ini bukan berarti tingginya kasus TBC di Situbondo, tapi karena terdeteksi, petugas kesehatan gencar melakukan pendataan penderita TBC," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Siti Fajriah.

Ia mengakui jumlah penderita TBC meningkat pada 2022 yakni 1.188 orang, bila dibandingkan 2021 sebanyak 899 orang penderita atau pada 2022 jumlah penderita bertambah 219 orang. Kendati demikian, Siti mengaku optimistis para penderita penyakit menular tersebut bisa sembuh total.

Menurut dia, saat ini petugas Dinas Kesehatan terus gencar melakukan pendataan terhadap penyakit menular. Seperti TBC, HIV AIDS, dan malaria, sesuai dengan program nasional bahwa pada 2030, Indonesia bebas penyakit tersebut.

"Sesuai target pada 2030 Indonesia bisa bebas dari penyakit ATM (Aids, tuberkolosis, dan malaria)," ujar dia.

Sementara itu, Resillient and Sustainable System for Health (RSSH) AIDS Tuberkolosis Malaria (ATM) Jatim, dr Asih Tri Rachmi Nuswantara mengemukakan pada 2022 hampir seluruh kabupaten dan kota mengalami peningkatan temuan kasus TBC.

Temuan tingginya kasus TBC ini, lanjut dia, terdata dengan baik, dan untuk pengobatan serta pencegahan dilakukan secara maksimal sehingga 2030 bebas penyakit AIDS, TBC, malaria.

Ditegaskan, pemerintah dalam menghadapi penyakit AIDS, tuberkolosis, dan malaria akan melimpahkan pada pemerintah daerah. Sehingga antar-sektor harus saling bahu-membahu membantu pencegahan penyakit menular itu.

"Dalam menangani penyakit menular ini tidak cukup hanya Dinas Kesehatan, semua dinas di kabupaten dan kota harus saling bersinergi untuk mencegah persebaran-nya," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement