Sabtu 01 Apr 2023 15:51 WIB

Bencana Tanah Ambles di Madiun Robohkan Rumah Warga

Pihak perangkat desa meminta warga sekitar untuk waspada.

Warga melihat areal tanah ambles  (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Warga melihat areal tanah ambles (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Cuaca buruk selama beberapa hari terakhir di kawasan perbukitan Desa Kuwiran, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengakibatkan tanah ambles dan merobohkan sebagian bangunan rumah warga setempat.

Rumah warga yang rusak milik Yatinem, warga Desa Kuwiran. Tanah bertebing yang menjadi lokasi rumahnya tiba-tiba ambles pada Jumat (31/3) malam dan membawa sebagian bangunan rumahnya.

"Habis shalat Tarawih semalam jam setengah sembilan, ada suara-suara di belakang rumah. Saat dilihat ternyata ada sebagian tembok rumah yang bengkah. Lalu ada suara lagi yang lebih keras dan dilihat malah tambah lagi renggangnya. Terus kemudian ada lagi suara yang lebih keras, saat dilihat lagi, ternyata bangunan rumah belakang sudah habis," ujar Yatinem di Madiun, Sabtu (1/4/2023).

Warga bersama petugas dari BPBD dibantu oleh Tagana, relawan, serta anggota Koramil dan Polsek setempat hingga Sabtu (1/4) siang bergotong royong membersihkan material bangunan terdampak tanah ambles.

 

Kepala Desa Kuwiran Aan Widyorayung menilai curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, membuat sejumlah wilayah di Desa Kuwiran longsor karena tidak kuat menahan debit air hujan yang masuk ke dalam tanah.

"Curah hujan dalam pekan ini sangat tinggi. Tiap malam selalu hujan dengan intensitas sedang dan lama hingga mengakibatkan longsor," kata Aan. Akibat bencana tanah ambles tersebut, korban mengalami kerugian material hingga lebih dari Rp 30 juta.

Pihak perangkat desa meminta warga sekitar untuk waspada, karena longsor susulan masih mengancam di kawasan Desa Kuwiran dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Kare yang tergolong daerah yang rawan longsor.

BPBD Kabupaten Madiun memetakan sejumlah kecamatan di wilayah setempat yang rawan bencana tanah longsor karena berada di lereng Gunung Wilis. Yakni Kecamatan Kare, Dagangan, Gemarang, dan Wungu.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement