Senin 03 Apr 2023 19:20 WIB

Sukirman: DPRD Jateng Kehilangan Sosok Bambang Kusriyanto

Ganjar melihat Bambang sebagai pribadi yang gigih memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Ketua DPRD Provinsi Jawa tengah, bambang Kusriyanto saat menjadi pembicara pada talkshow bertema ‘Pilkada Sukses di Masa Pandemi’ yang digelar di The Wujil Resort & Hotel Semarang, di Kabupaten Semarang, Rabu (11/11).
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ketua DPRD Provinsi Jawa tengah, bambang Kusriyanto saat menjadi pembicara pada talkshow bertema ‘Pilkada Sukses di Masa Pandemi’ yang digelar di The Wujil Resort & Hotel Semarang, di Kabupaten Semarang, Rabu (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Keluarga besar DPRD Provinsi Jawa Tengah sangat berduka dengan berpulangnya Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, H Bambang Kusriyanto. Tak hanya itu, segenap wakil rakyat di ‘Gedung Berlian’ juga merasa kehilangan salah satu putra terbaik Jawa Tengah, kader terbaik PDIP dan kehilanga seorang figur yang selalu mengayomi semuanya dan figure yang mampu bergaul dengan seluruh kalangan di Jawa Tengah.

Kesan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, H Sukirman sebelum prosesi pemakaman H Bambang Kusriyanto, di Rumah Aspirasi Bambang Kusriyanto, di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Senin (3/4).

Atas nama segenap pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, ia pun menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya politisi senior yang akrab disapa ‘Bambang Kribo’ ini.

Baginya DPRD Provinsi Jawa Tengah juga kehilangan satu figur pemimpin yang mampu melakukan proses politik dengan mengedepankan rasa persaudaraan, yang mengakomodir semua kepentingan serta menumbuhkan rasa  disiplin dan tanggungjawab organisasi yang luar biasa.

Sukirman juga mengenang, bersama segenap unsur pimpinan DPRD Provinsi Jawa Tengah hanya sempat mendampingi almarhum Bambang Kusriyanto praktis hanya  dua tahun secara fisik.

Namun dalam kurun waktu dua tahun itu banyak sekali pelajaran-pelajaran penting, prinsip-prinsip berorganisasi serta prinsip-prinsip perjuangan yang sangat penting untuk bisa menjadi suri tauladan bagi segenap wakil rakyat di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

"Kami sangat ingat, bagaimana pertama kali beliau memimpin PRD Jawa Tengah mampu mengajak semua anggota wakil rakyat untuk berperilaku disiplin, melaksanakan tugas dan penuh tanggung jawab," lanjut legislator PKB Jawa Tengah ini.

Sehingga, tambah Sukirman, semua itu terasa sangat krusial dalam memutuskan APBD sebagai tonggak untuk memperjuangkan aspirasi seluruh masyarakat Jawa Tengah selalu dapat dilakukan dengan presisi dalam dalam perencanaan dan ketepatan waktunya.

Menurutnya, ini menjadi berat bagi perjuangan DPRD Jawa Tengah ke depan. Namun Sukirman tetap optimistis, dengan kekuatan bersama para wakil rakyat serta suri tauladan yang telah ditanamkan H Bambang Kusriyanto selama ini.

Bersama seluruh wakil rakyat Provinsi Jawa Tengah akan melanjutkan perjuangan H Bambang Kusriyanto yang peduli terhadap nasib wong cilik dari kemiskinan maupun dari kebodohan.

"Perjuanganmu akan kami lanjutkan bersama- sama, untuk menegakkan NKRI yang tantangannya memang semakin berat. Insya Allah dengan kebersamaan kami akan mampu melakukan itu semua," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan kesan, H Bambang Kusriyanto merupakan sosok kader yang mampu menunjukkan loyalitas dan berpendirian teguh terhadap ideologi partai.

Ganjar juga menyebut, selama menjadi pimpinan DPRD Provinsi Jawa Tengah juga mampu  memegang amanah rakyat dengan baik. Komunikasi yang dilakukan bersama dengan Forkopimda juga dilakukan dengan baik. "Demikian halnya komunikasi antara eksekutif dengan legislatif juga mampu dilakukan beliau dengan sangat baik," jelasnya.

Sebagai pribadi, Ganjar juga melihat H Bambang Kusriyanto juga merupakan pribadi yang gigih dalam memperjuangkan aspirasi dari masyarakat, juga dengan integritasnya. "Inilah yang menjadi catatan kami, di mana amanah itu beliau tunaikan dengan Lillahi ta’ala dan insya Allah itu semua merupakan amal ibadah beliau," kata Gubernur.

Tentu saja, lanjutnya, mewakili pribadi keluarga, mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin maimoen, beserta jajaran serta masyarakat Jawa Tengah merasa kehilangan. “Kami mendoakan mas Bambang, husnul khotimah," katanya.

Sementara itu, turut hadir untuk memberikan penghormatan serta mengantar ke tempat peristirahatan terakhir, Kapolda jawa Tengah, Irjen Pol Achmad Luthfi; Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen; sejumlah kepala daerah kader PDIP serta sejumlah Ketua DPC PDIP dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement