Kamis 06 Apr 2023 17:15 WIB

Bambang Pacul: Setop Kasak-Kusuk Soal Pengganti Bambang Krebo!

Bambang Pacul meminta semua pihak tahu diri melihat situasi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (Bambang Pacul)
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (Bambang Pacul)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, meminta segenap jajaran partai dan media massa tidak berspekulasi apalagi sampai melakukan kusak-kusuk soal pengganti H Bambang Kusriyanto.

Baik dalam posisi sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah maupun sebagai anggota legislatif dari Dapil Jawa Tengah-2.

"Saya tegaskan, kita masih berduka atas meninggalnya rekan kita mas Bambang Kusriyanto atau mas Bambang Krebo. Beliau sahabat yang baik dalam perjuangan dan kehidupan,” kata Bambang Wuryanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (6/4).

Politisi yang akrab disapa Bambang Pacul ini juga meminta semua pihak bisa menghormati hal ini. Terlebih sebagai orang Jawa berpulangnya Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut juga belum genap 40 hari, sehingga kurang pas untuk membicarakan suksesi.

"Sekali lagi saya minta dengan sangat kepada semua pihak untuk tidak berspekulasi apalagi melakukan berkusak-kusuk, soal pengganti mas Bambang Krebo," katanya menegaskan.

Semua ini juga demi menjaga perasaan keluarga yang masih berduka, dengan mengedepankan etika bermasyarakat. Semua harus bisa manjing ajur-ajer empan papan (tahu diri-Red) dalam melihat situasi ini.

Bambang Pacul juga menegaskan, soal penggantian sudah ada mekanisme yang pasti. Pada waktunya, itu akan dibicarakan oleh jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Pun demikian untuk posisi keanggotaannya di DPRD Provinsi Jawa Tengah juga ada mekanisme yang diatur oleh KPU. Sementara untuk posisinya sebagai Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah maupun sebagai Sekretaris DPD, akan dibahas dalam rapat internal partai.

"Namun hasil keputusan rapat akan dikonsultasikan dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sebelum disampaikan ke masyarakat," tegasnya.

Bagi Bambang Pacul, mekanisme itu sudah menjadi kesepakatan bersama. "Itu sudah baku di PDI Perjuangan. Disiplin dan selalu tegak lurus, dengan pimpinan partai," katanya.

Seperti diketahui, Ketua DPRD Jawa Tengah, H Bambang Kusriyanto yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, meninggal dunia pada Ahad  (2/4/2023) sekitar pukul 17.00 WIB.

Bambang Kusriyanto yang juga akrab disapa Bambang Krebo sebelum menjadi Ketua DPRD Jawa Tengah pernah dua periode  menjabat Ketua DPRD Kabupaten Semarang pada rentang waktu 2009- 2019.

Sosok Bambang Krebo selama ini dikenal sebagai kader partai banteng moncong putih yang sangat militan. Sebelum masuk ke dunia politik dia tercatat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Semarang.

Dia melepas posisi nyaman dan memilih berjuang di partai sembari membuka usaha bengkel mobil. Krebo dikenal sangat dekat, bahkan disebut sebagai orang kepercayaan Bambang Pacul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement