Selasa 11 Apr 2023 07:36 WIB

Program Diskon Mudik Daop 8 Beri Potongan Harga Hingga 20 Persen

Masyarakat dapat membeli tiket diskon ini pada 9 sampai 13 April 2023.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah penumpang memasuki Kereta Api (KA) Sancaka di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Sejumlah penumpang memasuki Kereta Api (KA) Sancaka di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar program Diskon Mudik 2023 dengan memberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20 persen. Terutama untuk keberangkatan kereta api jarak jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi periode 14 hingga 17 April 2023.  

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, masyarakat dapat membeli tiket diskon tersebut pada 9 sampai 13 April 2023. Pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Diungkapkan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. "Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan hari-H Lebaran," jelasnya.

Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Dengan demikian, dapat mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran.

 

Adapun sejumlah perjalanan kereta api keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya Argo Bromo Anggrek Surabaya Pasar Turi - Gambir (pp),  Dharmawangsa Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen (pp) dan Gumarang Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen.

Kemudian Harina Surabaya Pasar Turi - Bandung (pp), KA Tambahan Gmr Sgu Sbi Surabaya Pasar Turi - Surabaya Gubeng - Gambir (pp) dan Sembrani Surabaya Pasar Turi - Gambir (pp). Lalu ada pula KA Sembrani Tambahan Surabaya Pasar Turi - Gambir (pp), Kertajaya Tambahan Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen, Ambarawa Ekspres Surabaya Pasar Turi - Semarang Poncol (pp), dan Kertajaya Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen.

 

Sementara itu, KA keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya Argo Wilis Surabaya Gubeng - Bandung (pp), Bima Surabaya Gubeng - Gambir (pp), Mutiara Selatan Surabaya Gubeng - Bandung dan Ranggajati Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon (pp).

Kemudian, Sancaka Surabaya Gubeng - Yogyakarta (pp), Sancaka Fakultatif Surabaya Gubeng - Yogyakarta (pp), Sancaka Tambahan Surabaya Gubeng - Yogyakarta (pp) dan Turangga Surabaya Gubeng - Bandung (pp). Kemudian Wijayakusuma Ketapang - Surabaya Gubeng - Cilacap (pp)

Berikutnya, KA Logawa Jember - Surabaya Gubeng - Purwokerto (pp), Gaya Barumalam Selatan Surabaya Gubeng - Pasar Senen (pp), Jayakarta Surabaya Gubeng - Pasar Senen (pp), dan Pasundan Surabaya Gubeng - Kiara Condong (pp).

Untuk keberangkatan dari Stasiun Malang yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya Brawijaya Malang - Gambir, Gajayana Malang - Gambir, dan Gajayana Tambahan Malang - Gambir (pp). Kemudian Kertanegara Malang - Purwokerto (pp), Malabar Malang – Bandung, Majapahit Malang - Pasar Senen, Malioboro Ekspres Malang - Yogyakarta (pp) dan Matarmaja Malang - Pasar Senen.

Luqman Arif berharap masyarakat dapat memanfaatkan tiket murah ini untuk mudik dengan kereta api guna mengurangi kepadatan di jalan raya. "KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2023 dengan aman, lancar, dan berkesan," jelas Luqman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement