Sabtu 29 Apr 2023 12:27 WIB

Kronologi Penangkapan Bule Ludahi Imam Masjid di Bandara Soekarno Hatta

MB datang ke Indonesia menggunakan visa turis sebagai wisatawan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Yusuf Assidiq
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memberikan keterangan telah mengamankan bule Australia berinisial MB yang meludahi dan membentak imam masjid Al Muhajir, Kota Bandung, Sabtu (29/4/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memberikan keterangan telah mengamankan bule Australia berinisial MB yang meludahi dan membentak imam masjid Al Muhajir, Kota Bandung, Sabtu (29/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polisi mengamankan bule Australia berinisial MB (48 tahun) yang meludahi dan membentak Imam Masjid Al Muhajir Kota Bandung di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (29/4/2023) sekitar pukul 01.00 WIB. Ia ditangkap saat hendak pulang ke negaranya Australia.

Seperti diketahui rekaman video yang menunjukkan bule Australia itu meludahi dan membentak Imam Masjid Al Muhajir Muhammad Basri Anwar viral di media sosial. Ia diduga melakukan hal itu karena terganggu dengan suara murottal Alquran yang diperdengarkan melalui speaker masjid.

Pasca berita tersebut viral, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menuturkan tim bergerak cepat mengamankan bule Australia itu sebelum berangkat menuju ke negaranya. Ia mengatakan yang bersangkutan sudah merencanakan pulang pada Jumat (28/4/2023) malam karena visa akan habis.

"Bukan lari tapi yang bersangkutan memang sudah ada tiket pulang, yang bersangkutan rencana pulang hari itu visanya dicek habis hari ini," katanya.

MB berencana pulang Jumat (28/4/2023) malam ke Australia. Namun, berkat kerja sama dengan kepala Imigrasi kelas satu Soekarno Hatta, polisi berhasil mengamankannya.

"Sebelum pulang berkat kerja sama dengan kepala imigrasi kelas satu Soekarno Hatta kita bisa berkoordinasi dan mengamankan yang bersangkutan," katanya.

Kemudian, sekitar pukul 01.00 WIB tim menjemput MB di Bandara Soekarno Hatta dan saat ini sudah berada di Polrestabes Bandung untuk dimintai keterangan.

Budi menambahkan MB datang ke Indonesia menggunakan visa turis sebagai wisatawan. Saat ini yang bersangkutan berada di ruang reserse Polrestabes Bandung.

"Dimintai keterangan di ruang reserse Polrestabes Bandung. Korban dan saksi dimintai keterangan ulang. Dia seorang diri," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement