Kamis 04 May 2023 08:48 WIB

Gus Miftah di Hadapan Prabowo: Firasat Ronggowarsito Rata-Rata Presiden RI Belakangnya 'O'

Gus Miftah menyambut baik kehadiran Prabowo dalam open house di Ponpes Ora Aji.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Dai Nahdlatul Ulama (NU), Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.
Foto: Dok IAIN Salatiga
Dai Nahdlatul Ulama (NU), Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji menggelar Open House Akbar bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Rabu (3/5/2023) malam. Di hadapan Pimpinan Ponpes Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrohman (Gus Miftah) menyinggung soal firasat Ronggowarsito ihwal pemimpin Indonesia di masa depan. 

"Kalau presiden besok siapa yang jadi Allah sudah tulis di lauhulmahfuz, cuma memang menurut firasat Ronggowarsito, rata-rata presiden Indonesia itu belakangnya 'O'," kata Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Sleman, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga

Gus Miftah kemudian menyebut sejumlah nama presiden yang memiliki huruf berakhiran huruf 'O', seperti Presiden Sukarno, Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo. Namun, Gus Miftah tak melanjutkan lagi siapa presiden selanjutnya yang memiliki nama berakhiran 'O'.

"Aku nggak kampanye," ucap Gus Miftah. 

Gus Miftah kemudian teringat pernyataan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang mengatakan bahwa Prabowo orang paling ikhlas. Gus Miftah menyambut baik kehadiran Prabowo dalam open house yang digelar Ponpes Ora Aji tersebut.

"Yang jelas acara seperti ini dalam agama disebut silaturahmi. Silah itu artinya nyambung, rahmi itu artinya kasih sayang. Artinya, Pak Prabowo hari ini mau hadir di tengah-tengah kita untuk silaturahmi berarti dalam rangka menyambung rasa cinta dan kasih sayang," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement