Sabtu 06 May 2023 16:10 WIB

Aksi Relawan Sahabat Mbak Endah Sapa dan Berdayakan Petani di Demak

Sahabat Mbak Endah memberikan penyuluhan dan bantuan pupuk

Sahabat Mbak Endah memberikan penyuluhan dan bantuan pupuk
Foto: Dok Istimewa
Sahabat Mbak Endah memberikan penyuluhan dan bantuan pupuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Di tengah upaya program pemerintah Jokowi dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan para petani, Relawan "Sahabat Mbak Endah" mengadakan kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan budidaya tanam semangka dan melon serta memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk kepada para petani yang tergjabung dalam beberapa Gapoktan di Cabean Demak dan sekitarnya.

"Kegiatan ini murni digagas oleh para Relawan "Sahabat Mbak Endah" untuk mendukung upaya pemerintaah saat ini, dalam meningkatkan ketahanan pangan dan juga meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya di wilayah Demak dan sekitarnya," kata H Sodir, penasihat Relawan "Sahabat Mbak Endah" melalui keterangannya, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga

"Kita bersama-sama mendukung Hj Endah Rahmawati, SE, sedulur dhewe (saudara sendiri) asli Demak yang merupakan Bacaleg DPR RI PDIP untuk mengikuti Pileg 2024 di Dapil Jateng II yang meliputi: Demak, Kudus dan Jepara, karena memang Mbak Endah, sedulur dhewe asli Demak, tentunya bila nanti terpilih akan memikirkan kemajuan dan kesejahteraan warga Demak dan sekitarnya yang meliputi  Kudus dan Jepara," tambah Sodir.

Di tempat yang sama, Koordinator Lapangan "Sahabat Endah Rahmawati", Dani Kristianto mengatakan, kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan serta pemberian bantuan bibit dan pupuk akan dilaksanakan kembali di beberapa tempat dengan sasaran langsung ke penerima yakni Gapoktan yang ada di Demak dan sekitarnya meliputi Kudus dan Jepara. 

 

"Kegiatan ini diharapkan bermanfaat dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para petani ditengah pemulihan dampak Covid-19," tambah Dani, selaku koordinator lapangan Relawan Sahabat Mbak Endah.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan, Mbah Mugi menyatakan bahwa, kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan budidaya tanam Semangka dan Melon sangat bermanfaat untuk para petenai, karena meningkatkan pengetahuan dan menambah ketrampilan dalam bercocok tanam terutanama tanaman Semangka dan Melon.

"Selain dengan adanya bantuan bibit dan pupuk, sangat bermanfaat bagi para petani, karena langsung dirasakan dan meringankan beban petani," kata Mbah Mugi menambahkan.

Secara terpisah dikonfirmasi, Bapak Solihin, selaku Kades Cabean Demak, menyatakan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan budidaya tanam semangka dan melon serta pemberian bantuan bibit dan pupuk, hal ini mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya di Desa Cabean dan sekitarnya dalam pemulihan dari dampak Covid-19.

Dikatakan, Hj Endah Rahmawati, SE, asli putri Demak sebagai Wakabid Pangan dan Pertanian DPD  Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi Jawa Tengah yang juga merupakan kader PDI Perjuangan yang akan maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Dapil (Daerah Pemilihan) Jateng 2 yakni Demak, Kudus dan Jepara. 

“Sebagai warga asli Demak, Mbak Endah meminta do'a restu kepada seluruh warga Kota Wali dan sekitarnya (Kudus dan Jepara) untuk mengikuti dalam konstelasi politik pada Pemilu 2024 sebagai Caleg,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kesiapan maju dalam pencalegan tersebut, didasari oleh keinginannya untuk membawa dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Demak dan sekitarnya di tingkat pusat. Baik aspirasi masyarakat petani, nelayan, pedagang, pendidik, kesehatan, teknokrat, birokrat maupun ulama.

Menurutnya, jika Kabupaten Demak khususnya, memiliki wakil rakyat di DPR RI, maka akan mempermudah upaya memperjuangkan aspirasi daerah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement