Ahad 21 May 2023 19:46 WIB

Cak Imin Usulkan Dana Desa Naik Lima Kali Lipat 

Dana desa dapat ditingkatkan jumlahnya di masa depan dengan memperhatikan dua syarat.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar
Foto: istimewa/doc humas
Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar mengusulkan agar dana desa dapat naik lima kali lipat pada 2024. Saat ini dana desa yang diterima masing-masing kepala desa sekitar Rp 1 miliar. 

"Diawali dulu 200 juta rupiah, 300, 500 sampai 1 miliar. Kita berani taruhan, kita berani berkomitmen bahwa jumlah lima miliar rupiah akan menggeliatkan percepatan pembangunan desa secara masif," jelas pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut saat memberikan materi tentang dana desa di Universitas Islam Malang (UNISMA), Ahad (21/5/2023).

Muhaimin yakin memprioritaskan dana desa dapat membuat pembangunan nasional terasa kemandirian dan kesuksesannya. Hal ini akan semakin terasa apabila dana desa yang diberikan semakin ditingkatkan lagi ke depannya. 

Adapun terkait sistem dana desa, Muhaimin berpendapat, ini menjadi satu keberhasilan Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diklaim sukses merombak strategi pembangunan dari bawah. Artinya, pemberian anggaran tidak lagi dari atas tetapi dilakukan langsung di bawah atau desa.

"Ini perlu tepuk tangan dan jempol besar untuk Pak Jokowi telah menggeser pola kerja itu. Mari kita tingkatkan," ungkap pria yang juga Ketua Umum PKB tersebut.

Menurut Muhaimin, dana desa dapat ditingkatkan jumlahnya di masa depan dengan memperhatikan dua syarat. Syarat pertama, yakni kepala desa harus benar-benar konsisten dan menjaga kepercayaan pimpinan serta rakyat untuk mengelola dana desa sebaik-baiknya. Syarat selanjutnya, yaitu partisipasi atau keterlibatan masyarakat dalam rencana kerja pembangunan desa harus ditingkatkan lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement