Rabu 24 May 2023 17:04 WIB

Jadwal Lengkap PPDB SMP di Sleman

Total daya tampung PPDB tahun ini sebanyak 19 ribu orang.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SMP di Kabupaten Sleman akan mulai dilaksanakan pada 12 Juni 2023. Namun, jadwal berakhirnya pendaftaran di tiap-tiap jalur berbeda.

"Pendaftarannya kita mulai 12 Juni dan nanti terakhir pengumumannya itu tanggal 22 Juni untuk yang zonasi wilayah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widayana, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga

Sementara itu, untuk jalur zonasi afirmasi jadwal pengumumannya akan dilakukan 14 Juni 2023. Kemudian, untuk zona prestasi, pengumumannya akan disampaikan 15 Juni 2023.

"Kemudian, jalur zonasi radius tanggal 16 Juni. Setelah itu, semua kuotanya jelas masih berapa semua masuk zonasi wilayah dan zonasi wilayah baru diumumkan nanti tanggal 22 Juni," ucapnya. 

Adapun total daya tampung PPDB tahun ini sebanyak 19 ribu orang. Sementara itu, jumlah lulusan SD/MI kurang lebih sebanyak 17 ribu. "Jadi, daya tampungnya di Kabupaten Sleman berlebih. Kalau memang merata, semua anak bisa mendapatkan bangku sekolah," tuturnya. 

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan membaca petunjuk dan teknis secara cermat. Semua pendaftaran dilakukan secara gratis. "Selama PPDB tidak ada pungutan biaya apa pun. Gratis, semuanya gratis," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement