Sabtu 27 May 2023 06:32 WIB

Mulai 1 Juni, KRL Komuter Solo-Jogja Berangkat dari Stasiun Palur

Penyesuaian untuk jadwal KA yang masuk dan keluar dari Solo.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
KRL Commuter Line Solo-Jogja menunggu pemberangkatan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
KRL Commuter Line Solo-Jogja menunggu pemberangkatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --  PT KAI melakukan penyesuaian jadwal Kereta Api (KA) jarak jauh dan commuter line khususnya di wilayah Daops 6. Penyesuaian dilakukan untuk jadwal berangkat dan tiba KA yang masuk dan keluar dari Solo, Jateng.

"Untuk saat ini, jumlah perjalanan KRL Solo-Jogja di weekdays 20 perjalanan per hari. Dan 24 perjalanan per hari untuk weekend. Saat ini, Gapeka (Grafik perjalanan kereta api) 2023 semua kereta akan berangkat dari Stasiun Palur. Sebelumnya ada yang berhenti di Stasiun Solo Balapan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya.

Anne berpandangan penyesuaian ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan. Di mana commuter line Solo-Jogja yang sebelumnya ditempuh dengan waktu 1 jam 25 menit menjadi 1 jam 23 menit, atau tiga menit lebih cepat.

"Begitu pula dengan commuter line Prameks yang saat ini ditempuh dengan 1 jam 17 menit menjadi 1 jam 11 menit, memangkas waktu enam menit lebih cepat. Diharapkan ini akan memberi efek domino pada kecepatan kereta-kereta yang sejalan dengan KRL," katanya.

Selain itu, KAI Commuter mencatat untuk volume pengguna commuter line Solo-Jogja sampai Mei telah melayani pengguna sebanyak 2.136.265 orang. Sedangkan commuter line Prameks di bulan yang sama telah mengangkut pengguna 331.186 orang.

KAI Commuter menargetkan pada tahun ini mampu mengangkut 5.743.361 orang pengguna untuk commuter line Solo-Jogja dan 775.079 orang pengguna untuk commuter line Prameks.

Dengan adanya perubahan dan penyesuaian ini diharapkan para pengguna dapat mengatur perjalanannya kembali dengan menyesuaikan jadwal perjalanan terbaru di 1 Juni 2023.

"Untuk jadwal perjalanan Yogya-Solo dapat dilihat melalui C-Access sedangkan commuter line Prameks jadwal terbaru, reservasi dan pembelian tiket menggunakan KAI Access," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement