Rabu 31 May 2023 15:03 WIB

Karyawan Sentra Bakpia di Sleman Terjepit Mesin Penggiling Bakpia

Korban berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
 Ilustrasi Kecelakaan Kerja
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Kecelakaan Kerja

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Salah seorang pria terjepit mesin penggiling bakpia di sentra Bakpia Kencana, Kelurahan Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman, Selasa (30/5/2023). Pria bernama Munir (29) merupakan karyawan dari Bakpia Kencana.

Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.30 WIB malam. Pihaknya baru menerima informasi terkait kejadian itu pada Rabu (31/5/2023) dini hari, dan langsung memberangkatkan personal guna melakukan penyelamatan.

"Informasi kami terima dari potensi SAR TRC (Tim Reaksi Cepat) dan kami menindaklanjuti dengan memberangkatkan satu tim rescue berikut peralatan ekstrikasi untuk menuju ke lokasi kejadian," kata Asnawi, Rabu (31/5/2023).

Asnawi menjelaskan, kejadian tersebut terjadi karena baju yang dikenakan korban terjepit mesin penggiling bakpia. Hal ini mengakibatkan tangan korban juga turut terjepit mesin penggiling.

Dari laporan yang diterima Basarnas Yogyakarta, tidak berselang lama sejak kedatangan tim SAR gabungan di lokasi kejadian, korban berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat. Korban pun langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

"Pada pukul 00.45 WIB, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi satu orang korban atas Munir dalam kondisi selamat dan selanjutnya korban dibawa ke RS Panti Rapih," ujar Asnawi.

Korban dilaporkan mengalami cedera di bagian tangan kanan. Selama berlangsungnya evakuasi, Asnawi menyebut bahwa korban masih dalam kondisi sadarkan diri.

"Luka yang dialami korban yaitu luka pada bahu kanan, cedera lengan tangan, serta luka terbuka pada pergelangan tangan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement