Selasa 06 Jun 2023 21:15 WIB

Banyak Calhaj Lansia, Petugas Haji Sleman Perlu Tingkatkan Pendampingan

Para calhaj diharapkan bisa menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Pelepasan calon jamaah haji di Masjid Agung Sleman, Selasa (6/6/2023).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Pelepasan calon jamaah haji di Masjid Agung Sleman, Selasa (6/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melepas sebanyak 360 calon jamaah haji di Serambi Masjid Agung Sleman, DIY, Selasa (6/6/2023). Danang mengatakan pada ibadah haji 2023 ini calon haji (calhaj) lansia asal Sleman cukup banyak.

"Menurut data dari Kemenag, haji di 2023 ini dari Sleman, mohon maaf, banyak yang lansia. Mboten usah (tidak usah) putus asa, tetap semangat bapak ibu semuanya, karena memang prioritas tahun ini untuk lansia," kata Danang dalam sambutannya.

Ia menitip pesan kepada petugas haji yang bertugas mendampingi calhaj dari Sleman agar semua rukun haji bisa dilancarkan dan bisa diberi kemudahan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Pendampingan terhadap lansia menurutnya perlu ditingkatkan.

"Memang kemarin sudah disampaikan oleh Kemenag ini yang perlu ekstra dan perlu meningkatkan  untuk pendampingan adalah pendampingnya. Ini kan banyak lansia sehingga kita wanti-wanti tadi untuk mengawasi jamaah haji yang nanti akan melaksanakan ini agar nanti bisa dikawal dalam kondisi apapun dan dalam melaksanakan rukun apapun," jelasnya.

Dirinya juga berpesan agar para calon jamaah haji bisa menjaga kesehatan selama di Tanah Suci. Selain itu yang paling penting menurut Danang yaitu agar para calon bisa menjaga nama baik Sleman.

"Secara tidak langsung bapak ibu menjadi duta-duta dari Kabupaten Sleman. Kami mohon panjenengan bisa menjaga nama baik dan menjaga nama baik Sleman di tingkat dunia internasional," ungkapnya.

Danang juga mengajak para calon jamaah haji untuk bersyukur lantaran bisa berkesempatan berangkat haji di tahun ini. Hal itu mengingat antrean pemberangkatan haji saat ini sudah mencapai puluhan tahun baru bisa berangkat jika baru mendaftar saat ini.

"Sekarang daftar 30-25 tahun lagi baru berangkat. Jadi panjenengan alhamdulilah salah satu orang yang beruntung bisa melaksanakan haji saat ini.

Total sebanyak sembilan bus yang terdiri dari delapan bus jamaah plus satu bus cadangan diberangkatkan pada hari ini. Jamaah termuda yang berangkat haji berusia 18 tahun, sedangkan jamaah tertua berusia 93 tahun. Total jamaah lansia sebanyak 564 orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement