Kamis 08 Jun 2023 16:23 WIB

Ketua Umum PP Muhammadiyah Lantik Rektor UMP

Bupati Banyumas menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Jebul Suroso.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Foto: UMP
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menghadiri pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) periode 2023-2027, Jebul Suroso, pada Kamis (8/6/2023). Ini merupakan periode kedua Jebul Suroso menjadi rektor UMP.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Jebul Suroso sebagai rektor UMP periode 2023-2027. Menjadi bagian dari 173 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah, UMP berperan untuk mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa.

"Saya berharap agar UMP menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah yang unggul, berkemajuan dan mampu bersaing dengan PT lain yang lebih unggul, baik di tingkat regional dan nasional maupun global. Juga tentu kita berharap dapat menjalankan misi pendidikan Muhammadiyah," ujar Haedar Nashir.

Menurut Haedar, tantangan dunia pendidikan kita semakin berat, tetapi seiring dengan itu ada langkah inovasi dan terobosan untuk memacu kemajuan. Ia juga mengapresiasi kemajuan pendidikan nasional serta pendidikan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga swasta, tentu saja kemajuan dalam lingkungan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa keberadaan UMP dan seluruh PTMA yang ada dapat membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia dan daya saing bangsa Indonesia dengan negara lain. Melihat angka Indonesia yang masih tercecer, menjadi tugas atau pekerjaan rumah besar bagi instansi pendidikan.

"Bagaimana kita terus melakukan proyeksi yang integratif, di mana kerja-kerja pendidikan itu terkoneksi dengan usaha pencerdasan kehidupan bangsa," kata Haedar.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Jebul Suroso sebagai rektor UMP. Menurut dia, UMP dan Muhammadiyah memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan masyarakat di Banyumas.

"Kami merasa sangat terbantu, keberadaan UMP menjadi sumber pertumbuhan ekonomi, UMP adalah aset bagi Banyumas," kata Bupati.

Ia mengungkapkan, perkembangan UMP memberi dampak positif dan signifikan dalam kemajuan Purwokerto dan Banyumas. Menurut dia, perkembangan yang dialami oleh UMP linier dengan kecerdasan dan kemajuan masyarakat. Kenyataan tersebut menjadi bukti bahwa Muhammadiyah berperan aktif memajukan bangsa.

"Semakin besar UMP maka semakin makmur Banyumas ini, Banyumas ikut tambah pintar," ujar Bupati.

Sementara itu, Rektor UMP Jebul Suroso menyampaikan bahwa pada periode ini akan melanjutkan tema besar UMP yaitu inovatif dan kolaboratif. Sebagai informasi, Jebul Suroso dilantik menjadi Rektor UMP kali kedua berdasarkan SK keputusan PP Muhammadiyah No. 352/KEP/I.0/D/2023.

SK diserahkan dari Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah Prof Mahfud Sholihin kepada Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMP Prof Chairil Anwar pada Sabtu (27/5/2023) lalu.

"Kita akan segera menuju ke smart university, perguruan tinggi yang smart education yang memanage dengan pola Al Islam, sehingga tercipta good university government yang adaptif pada perkembangan dan teknologi yang berorientasi pada rekompetisi, reputasi dan teknologi kita kembangkan," ujar Jebul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement