Ahad 25 Jun 2023 13:00 WIB

Sambut Milad Ke-53 Ikamuhi, Puluhan Alumni Gelar Gowes Bareng 

Kegiatan gowes bareng ini bisa membantu meningkatkan etos kerja para alumni Muhi.

Kegiatan Gowes Bareng 53 Tahun Ikamuhi bertema Menggowes Kenangan yang mengambil start di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Ahad (25/6/2023).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Kegiatan Gowes Bareng 53 Tahun Ikamuhi bertema Menggowes Kenangan yang mengambil start di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Ahad (25/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Untuk menyambut milad Ikatan Alumni Muhi (Ikamuhi) yang ke-53 tahun, alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) menggelar acara Gowes Bareng, Ahad (25/6/2023). Gowes Bareng 53 Tahun Ikamuhi bertema 'Menggowes Kenangan' ini diikuti kurang lebih sebanyak 150 alumni Muhi.

Start dilakukan di SMA Muhi di Jalan Gotongroyong II Petinggen, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, dan finis di Royal Brongto Hotel di Jalan Suryodiningratan, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

Baca Juga

Ketua Panitia Gowes Bareng 53 Tahun Ikamuhi, Muhammad Afnan Hadikusumo, mengatakan, alasan diadakan Gowes Bareng ini adalah karena bersepeda merupakan olahraga yang murah, menyehatkan, serta menyenangkan. 

Afnan mengungkapkan, dalam rutenya para peserta berhenti terlebih dahulu di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Muga) untuk melakukan tapak tilas sekolah Muhi tempo dulu. "Kita berhenti sejenak untuk cerita-cerita zaman dulu sebelum melanjutkan perjalanan. Karena sekolah Muhi tempo dulu kini menjadi SMA Muga," kata Afnan yang merupakan anggota DPD RI 2019-2024 tersebut.

Ia mengatakan event bersepeda dipilih karena merupakan salah satu kegiatan olahraga favorit para alumni Muhi. Selain gowes, sudah terdapat sejumlah komunitas olahraga alumni di antaranya adalah basket dan bulu tangkis. Pada pengujung acara Gowes Bareng juga diadakan pembagian doorprize kepada para peserta dan panitia.

Kepala Sekolah Muhi, Hery Nugroho, menyambut baik acara ini. "Kami dari sekolah memberikan apresiasi yang luar biasa karena kegiatan ini menunjukkan Ikamuhi memiliki kegiatan yang bisa mengompakkan para alumni," ujar Hery.

Hery juga berharap kegiatan Gowes Bareng ini bisa membantu meningkatkan etos kerja para alumni Muhi di manapun. "Ini adalah kegiatan yang menyehatkan yang diharapkan bisa membantu performa mereka. Sehingga ketika para alumni memiliki performa yang bagus hal ini juga bisa membuktikan bahwa alumni Muhi di manapun memiliki etos kerja yang baik," kata Hery.

Ke depan, Hery berharap akan ada lebih banyak kegiatan alumni lainnya, terutama yang bisa berkolaborasi dengan sekolah. Sejauh ini, sejumlah event olahraga Ikamuhi seperti basket dan bulu tangkis juga kerap difasilitasi Muhi.

Acara Gowes Bareng kali ini adalah rangkaian Milad Ikamuhi yang telah digelar sejak 18 Juni 2023 lalu. Kegiatan yang telah dilakukan di antaranya adalah Pengajian Ikamuhi oleh Basith Achmad (alumni Muhi 1976), pemeriksaan kesehatan gratis, sunatan massal khusus putra-putra alumni Muhi, serta penanaman pohon berupa 1.000 bibit sengon dan 400 alpukat yang disalurkan ke masyarakat sekitar serta orang tua wali murid siswa Muhi.

Selain itu, juga terdapat pemberian beasiswa yakni Program Siswa Adik Asuh untuk siswa Muhi. Penerima yaitu Chaisa Rafi Andhika, siswa kelas X MIPA 2, yang berhak mendapatkan beasiswa pendidikan berupa pembayaran SPP selama satu semester dari Juli 2023 hingga Desember 2023 kemudian secara spontanitas diberi tambahan beasiswa satu semester oleh dewan pembina dan penasehat PP Ikamuhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement