Senin 26 Jun 2023 16:38 WIB

Muhammadiyah Jatim Siapkan 1.488 Titik Penyelenggaraan Sholat Idul Adha

PW Muhammadiyah Jatim juga telah menyiapkan langkah pembagian daging kurban.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Logo Muhammadiyah
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Warga Muhammadiyah bakal merayakan Idul Adha pada Rabu (28/6/2023). Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Syamsudin mengungkapkan, ada 1.488 titik penyelenggaraan sholat Idul Adha yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Syamsudin menjelaskan, dari 38 kabupaten/kota Jatim, lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha terbanyak ada di Lamongan, Sidoarjo, dan Surabaya. "Paling banyak lebih dari 100 titik. Lamongan 250 titik, Sidoarjo 120, Surabaya 105 titik," ujar Syamsudin di Surabaya, Senin (26/6/2023).

Syamsudin melanjutkan, untuk daerah dengan titik pelaksanaan sholat Idul Adha paling sedikit berada di Kota Batu yang hanya tiga titik. Kemudian di Kepulauan Madura, di mana masing-masing kabupaten tidak lebih dari 20 titik.

"Kabupaten Bangkalan 10 titik, Sampang enam lokasi. Paling sedikit memang Kota Batu hanya tiga lokasi, tapi kalau dilihat Malang Raya ada 90-an titik," kata dia.

Syamsudin melanjutkan, PW Muhammadiyah Jatim juga telah menyiapkan langkah pembagian daging kurban. Daging kurban nantinya akan didistribusikan dengan cara berbeda untuk daerah-daerah yang terpencil. Daging tersebut akan dikemas dalam bentuk makanan kaleng.

"RendangMu, SotoMu, ini yang akan dibagi ke daerah 3T. Sehingga tidak harus dimanfaatkan saat hari tasyrik, jadi tidak harus dihabiskan. Kita (juga) dorong umat kita ketika punya kelonggaran rezeki untuk berkorban dengan hewan ternak," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement