Jumat 30 Jun 2023 11:24 WIB

Cerita Anak SD di Malang Rela tak Jajan 4 Tahun demi Menabung untuk Beli Hewan Kurban

Izzudin menabung dari kelas satu sampai kelas empat.

Anak kelas 4 Sekolah Dasar (SD) asal Malang, Muhammad Izzuddin  membeli kambing untuk Idul Adha dari hasil tabungannya selama bertahun-tahun. Dok. Pribadi
Foto: Dok Pribadi
Anak kelas 4 Sekolah Dasar (SD) asal Malang, Muhammad Izzuddin  membeli kambing untuk Idul Adha dari hasil tabungannya selama bertahun-tahun. Dok. Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Seorang anak SD di Kota Malang, Jawa Timur, rela tidak jajan selama empat tahun demi mewujudkan mimpinya membeli hewan kurnan dari uang tabungannya. Muhammad Izzuddin, yang kini duduk di kelas 4 SD akhirnya membeli kambing untuk dikurbankan di Hari Raya Idul Adha 2023. 

Muhammad Izzudin yang merupakan warga Jalan Laksda Adi Sucipto, Kota Malang, berhasil membeli kambing kemudian disumbangkan ke Masjid Al Hidayah, Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang. Putra ketiga pasangan suami istri Rahmad Eko Firmansyah dan Anis Nooryani tersebut mengaku ingin membeli kambing dari uang hasil menabungnya sejak lama. Anak yang biasa dipanggil Muiz tersebut ini mengaku selalu mendapatkan uang saku Rp 10 ribu. "Saya harus menyisihkan uang saku sekitar lima ribu rupiah untuk ditabung," katanya.

Terkadang dia harus rela tidak membeli jajan di sekolahnya. Hal ini semata-mata agar keinginannya untuk membeli hewan kurban dapat tercapai. Selain karena sudah membawa bekal makanan dari rumah, dia juga anak yang jarang beli jajanan di sekolah.

Muiz mengaku selama ini sudah dilatih orang tuanya menabung sejak kelas 1 SD, sehingga tak heran jika uang tabungannya terkumpul Rp 6 juta selama empat tahun. Ia pun meminta ke ibunya membelikan kambing yang besar demi ibadah kurban.

Dari tabungan yang terkumpul itulah, akhirnya dia diajak membeli seekor kambing seharga Rp 3,5 juta. Kambing itu pun langsung diberi nama Muiz dan diserahkan ke Masjid Al Hidayah, Pandanwangi, Kota Malang.

Pada kesempatan tersebut, ibu dari Muiz, Anis Nooryani membenarkan putranya menabung sejak kelas 1 hingga 4 SD. Dari dulu, anaknya bercita-cita ingin menabung dan bisa membeli kambing sendiri dari uang saku sekolah. "Keinginannya sejak dulu saat Idul Adha ingin membeli kambing dari uang tabungannya," ujarnya.

Anis merasa bersyukur anaknya yang masih usia dini dapat berbagi pada saat perayaan Idul Adha. Keinginan Muiz saat itu hanya satu ingin berbagi daging kurban ke masyarakat saat Hari Raya Idul Adha.

Takmir Masjid Al Hidayah, Ali Mahrus menuturkan, Muiz sudah menyerahkan satu ekor kambing dan diberi kartu tanda terima dari takmir masjid. Sebagai informasi, Masjid Al Hidayah Pandanwangi pada Idul Adha ini menyembelih hewan kurban sebanyak dua ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement