Sabtu 01 Jul 2023 14:19 WIB

Gempa Bantul Makan Korban Jiwa

Di Kabupaten Bantul terdapat 35 bangunan kategori kerusakan ringan-sedang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Warga membuat minuman di dapur darurat pascagempa, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Warga terpaksa mendirikan tenda darurat karena rumah rusak pascagempa 6,4 skala Richter di Bantul.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga membuat minuman di dapur darurat pascagempa, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Warga terpaksa mendirikan tenda darurat karena rumah rusak pascagempa 6,4 skala Richter di Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 yang melanda DIY tadi malam, Jumat (30/6/23) pukul 19.57 WIB, menyebabkan 115 bangunan di DIY mengalami kerusakan dan satu orang korban jiwa. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di Laut 86 kilometer barat daya Bantul dengan kedalaman 25 kilometer

Hingga pukul 20.40 WIB tadi malam, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya lima kali gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M4,5.

Baca Juga

Berdasarkan data Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) DIY, gempa yang dirasakan hampir seluruh DIY hingga Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Kediri dan Mojokerto ini menyebabkan satu orang korban meninggal dunia dan 11 orang luka-luka.

Sementara itu, dampak kerusakan antara lain Kabupaten Gunungkidul sebanyak 73 bangunan kategori rusak ringan-sedang, lokasi kerusakan terbanyak di Kapanewon Semanu.

Di Kabupaten Bantul terdapat 35 bangunan kategori kerusakan ringan-sedang, Kabupaten Kulonprogo sebanyak enam bangunan, dan Kabupaten Sleman sebanyak satu bangunan dengan kategori kerusakan sedang.

Adapun total dampak kerusakan Gempa DIY yaitu 115 bangunan dengan rincian Rumah Rusak (105 Unit), Fasilitas Pemerintah (lima unit), Fasilitas Kesehatan (satu unit), tempat ibadah (satu unit), tempat usaha (satu unit) dan fasilitas Pendidikan (dua unit). Sedangkan kerusakan sarana pendidikan yaitu SMP Muhammadiyah 2 Gamping rusak ringan dengan genteng yang turun.

Saat ini, MDMC DIY masih melakukan asesment dan analisis situasi terkini. Selain itu, melakukan siaga layanan kesehatan di RS PKU Muhamadiyah Bantul, RS PKU Muhamadiyah Gamping dan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Terkait hal ini, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, direkomendasikan agar memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement