Ahad 09 Jul 2023 23:39 WIB

BUMP di Temanggung Pasok 100 Domba per Dua Pekan ke Tegal

Permintaan domba mencapai 150 ekor, tapi baru disanggupi 100 ekor per dua pekan.

Domba dalam kandang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Domba dalam kandang.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Satya Gemilang di Tretep Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. memasok 100 ekor domba (kambing) setiap dua pekan sekali ke Tegal untuk bahan baku sate.

"Sebenarnya permintaan dari Tegal sebanyak 150 ekor kambing per pekan, tetapi kami baru bisa memasok 100 ekor setiap dua pekan," kata Manajer BUMP Satya Gumilang Kristiyadi.

Baca Juga

Ia menyampaikan, karena jumlah populasi ternak belum mencukupi maka pihaknya membuka kemitraan kepada pihak luar, baik di Kabupaten Temanggung maupun di luar Kabupaten Temanggung. Dalam kemitraan pihaknya mensuplai bakalan dam pakan, bahkan menerima untuk pembuatan kandangnya.

"Waktu panen kami akan membeli hasil panen," kata Kristiyadi.

 

Ia berharap ada mitra di beberapa tempat yang bisa kerja sama sehingga nanti bisa dibantu pemasarannya. Karena pihaknya sudah punya pihak ketiga yang siap membeli.

Kristiyadi menyebutkan, BUMP Satya Gemilang saat ini telah bermitra dengan 29 kelompok yang tersebar di beberapa kecamatan dan kabupaten seperti di Magelang dan Wonosoba. "Dalam BUMP ternak domba ini kami mengembangkan tiga sistem, yakni fattening, breeding, dan trading," katanya.

Ia menjelaskan dalam sistem fattening (penggemukan) ada dua opsi yang dikembangkan, yakni menggunakan pakan hijauan dan pakan kering fermentasi.

Ia menuturkan dalam kemitraan pihaknya menyediakan bakalan termasuk memasok pakan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement