Jumat 21 Jul 2023 01:41 WIB

Bursa Kerja 'Assik' Segera Hadir di Surabaya, Ribuan Lowongan Tersedia

Pendaftaran bursa kerja sudah bisa dilakukan mulai Kamis ini.

Pencari kerja berada di salah satu stan perusahaan pada Job Fair (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pencari kerja berada di salah satu stan perusahaan pada Job Fair (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Dharma Wanita setempat menyediakan 1.300 lowongan pekerjaan di Bursa Kerja Arek Suroboyo Siap Kerja (Assik) ke-2 di Gedung Wanita Kalibokor pada 24-26 Juli 2023.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya, Achmad Zaini mengatakan, bursa kerja ini hanya dikhususkan bagi warga Kota Surabaya. "Ayo daftar dan datang ke acara tersebut," kata dia, Kamis (20/7/2023).

Dalam bursa kerja tersebut, disediakan sebanyak 1.300 lebih lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan, ada lowongan di dalam maupun di luar negeri. Pendaftaran bursa kerja itu sudah bisa dilakukan mulai Kamis hingga hari H atau pada saat acara.

Sebab, pendaftarannya itu harus melalui aplikasi semuanya sehingga warga sudah bisa daftar secara daring atau juga bisa datang langsung ke lokasi acara tersebut.

"Pendaftarannya itu bisa langsung scan barcode yang sudah kami sebar. Nanti akan ada panduan pendaftarannya juga di situ serta perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan sekaligus persyaratan yang harus dilengkapi. Jadi, kami mempermudah para pelamar untuk mendaftar," ujarnya.

Disarankan, para pelamar untuk mendaftarkan diri mulai sekarang dan tidak perlu menunggu acara bursa kerja digelar. Sebab, kalau nanti baru daftar di lokasi acara bursa kerja, bisa jadi akan lama berada di sana, karena harus mengisi sejumlah data dan curriculum vitae dalam aplikasi itu.

"Pada tanggal 25 dan 26 itu besar kemungkinan perusahaan pembuka lowongan akan langsung melakukan proses wawancara kepada para pelamar. Kalau sudah melamar dari sekarang, maka di Gedung Wanita itu tinggal dicek data-datanya yang sudah dikirim, lalu diwawancarai oleh HRD perusahaan," tegasnya.

Ketua Dharma Wanita Surabaya Shinta Setia menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah sebagai jembatan yang mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran dan keluarga miskin (gamis) di Kota Surabaya.

"Kegiatan ini juga untuk menyalurkan lulusan SMP, SMA, SMK, Sarjana dan Magister yang baru lulus pada pertengahan tahun 2023," ungkap Shinta.

Pemkot menggelar bimtek pengembangan soft skill kerja bagi para pencari kerja pada 24 Juli 2023. Kemudian keesokan harinya, ada bursa kerja sekaligus tes minat karir, workshop cara pembuatan CV, dan pembuatan profile Linkedin menarik.

Selanjutnya, 26 Juli 2023 ada bursa kerja sekaligus workshop dan rekrutmen La Tulipe & Dr Mobil. Setiap harinya, acara akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement