Rabu 26 Jul 2023 06:10 WIB

ChatGPT untuk Android Sudah Tersedia, Tertarik Mencoba?

Layanan ini tersedia pertama kali di AS, India, Bangladesh, dan Brasil.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Fernan Rahadi
ChatGPT (ilustrasi)
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
ChatGPT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi teknologi kecerdasan buatan (AI) ChatGPT untuk Android sekarang tersedia di Google Play Store. Kabar tersebut mengikuti peluncuran aplikasi beberapa bulan setelah hadir gratis di iOS yang membuat pengguna iPhone dan iPad dapat menggunakan chatbot.

Menurut tweet perusahaan OpenAI, layanan ini tersedia pertama kali di Amerika Serikat (AS), India, Bangladesh, dan Brasil. Sementara negara lain akan menyusul, meniru peluncuran bertahap seperti versi iOS.

Baca Juga

"ChatGPT untuk Android kini tersedia untuk diunduh di AS, India, Bangladesh, dan Brasil. Kami berencana untuk memperluas peluncuran ke negara tambahan pekan depan,” kata perusahaan dalam akun Twitternya, dilansir The Verge, Rabu (26/7/2023).

Seperti yang tercatat pada pekan lalu, peluncuran aplikasi Android akan hadir setelah Sensor Tower dan data Similarweb menunjukkan penurunan lalu lintas web dan penginstalan aplikasi untuk bulan Juni. ChatGPT telah menjadi sorotan publik karena kesuksesan eksplosif hingga Threads milik Meta diluncurkan.

Namun, itu masih tidak jelas apakah hype akan berlanjut atau popularitas kian menurun. Model GPT-4 OpenAI juga mendukung chatbot Bing AI yang telah tersedia di Android selama beberapa bulan.

Sementara itu, saingannya, Bard AI Google hanya mengandalkan antarmuka web, bukan aplikasi khusus. Saat ini, banyak perusahaan teknologi meluncurkan alat bertenaga AI untuk aplikasi seluler. Di tengah persaingan AI, Apple belum meluncurkan chatbotnya sendiri. Namun, berdasarkan laporan terbaru dari Bloomberg, perusahaan sudah mengujinya secara internal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement