Jumat 28 Jul 2023 09:14 WIB

Rumah Makan di Situbondo Diimbau tidak Gunakan Elpiji 3 Kg

Beberapa hari terakhir gas elpiji melon di toko-toko kelontong sulit didapat.

Warga antre membeli gas elpiji 3 kilogram di salah satu pangkalan (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Warga antre membeli gas elpiji 3 kilogram di salah satu pangkalan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengimbau kepada pemilik usaha rumah makan dan restoran serta masyarakat menengah ke atas atau mampu agar tidak menggunakan gas elpiji tabung tiga kilogram bersubsidi.

"Kami minta kepada masyarakat yang secara ekonomi mampu dan rumah makan harus sadar bahwa gas elpiji tiga kg subsidi itu untuk warga kurang mampu," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo Ruben Pakilaran di Situbondo.

Menurut dia, beberapa hari terakhir gas elpiji melon di toko-toko kelontong sulit didapat, sehingga kebanyakan warga membeli dan antre di pangkalan elpiji bersubsidi yang ada di Situbondo.

Ruben menjelaskan kelangkaan gas elpiji tiga kg yang terjadi sejak beberapa hari terakhir karena konsumsi elpiji subsidi terus meningkat, sehingga persediaan di pangkalan tidak berimbang.

"Kami perlu sampaikan bahwa elpiji tabung tiga kg bersubsidi ini khusus masyarakat kurang mampu. Bagi warga yang secara ekonomi mampu, kami harap tidak menggunakan elpiji melon tersebut," ujar dia.

Ruben mengemukakan, tingginya permintaan elpiji melon di Situbondo berdampak terhadap persediaan yang ada di pangkalan, sedangkan pangkalan sendiri pun terbatas menerima pasokan dari agen.

"Di pangkalan itu stoknya saat ini cepat habis. Karena yang antre itu ramai. Bahkan ada yang warga yang rela menunggu sebelum gas melon itu dipasok dari agen," katanya.

Ruben menambahkan, persediaan gas melon hingga saat ini tidak berkurang, dan stok yang dimiliki pangkalan juga tidak pernah telat menerima penyaluran dari agen.

"Sebenarnya stok di pangkalan itu aman-aman saja, dan jatah yang diterima dari agen tidak berkurang. Saya sudah memantau ke beberapa pangkalan gas elpiji. Hasilnya tidak ada kekurangan stok, dan penyaluran dari agen jumlahnya masih normal dan rutin dikirim setiap hari," ujar dia.

Sejak beberapa hari terakhir, gas elpiji subsidi sulit didapat, baik di toko kelontong dan pangkalan gas elpiji bersubsidi. Hampir tiap hari, sejumlah warga terpaksa antre berjam-jam, salah satunya di pangkalan gas elpiji di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Karangasem (kawasan perkotaan).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement