Sabtu 29 Jul 2023 21:04 WIB

WhatsApp Kenalkan Fitur Pesan Video Instan, Mirip Voice Note

Pesan video akan dapat diakses oleh semua pengguna Whatsapp dalam beberapa pekan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Fernan Rahadi
Logo Whatsapp
Foto: Unsplash
Logo Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, WhatsApp, aplikasi yang dikenal dengan fitur pesan suara (voice note) yang efisien, kini mengambil langkah untuk memperluas kemampuan platformnya dengan meluncurkan fitur pesan video instan yang menarik. Penambahan ini memungkinkan pengguna merekam dan bertukar video pribadi pendek langsung di dalam jendela obrolan mereka, sehingga mengubah pengalaman percakapan menjadi lebih berorientasi media.

"Video diputar secara otomatis tanpa suara saat dibuka dalam obrolan," demikian laporan dikutip dari Gizmochina, Sabtu (29/7/2023).

Pesan video dirancang untuk memfasilitasi respons waktu nyata terhadap interaksi obrolan, dengan durasi terbatas hingga 60 detik. Fitur tersebut bertujuan untuk tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga berbagi esensi momen dan emosi yang menyertainya. 

Baik itu untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun, menanggapi percakapan lucu, atau berbagi kabar baik, pesan video bertujuan untuk merangkum seluruh emosi manusia.

Menggunakan fitur pesan video adalah proses yang cukup mudah, mirip dengan mengirim pesan suara. Pengguna hanya perlu memilih mode video dan tekan tahan untuk merekam. 

Gesek tambahan memungkinkan perekaman hands-free, sekali lagi, sangat mirip dengan perekaman audio. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, video diputar secara otomatis tanpa suara setelah diakses dalam obrolan. 

Ketukan sederhana pada video mengaktifkan suara, memastikan kontrol ada di tangan penerima. Selanjutnya, pesan video dilengkapi dengan enkripsi end-to-end, memastikan keamanan yang kuat untuk interaksi.

Saat ini, peluncuran pesan video telah dimulai dan akan dapat diakses oleh semua pengguna WhatsApp dalam beberapa pekan mendatang. Langkah ini menyoroti komitmen WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menambahkan fitur-fitur inovatif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement