Selasa 01 Aug 2023 07:44 WIB

33 Calon Penerbang TNI Jalani Tradisi Penyerahan Brevet Sebelum Wingday

Tradisi penyerahan brevet penerbang diawali di Ksatrian Wirambara.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Sebanyak 33 Siswa Sekolah Penerbang  A-100/ PSDP Penerbang TNI A-33  melaksanakan tradisi penyerahan brevet penerbang di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Senin (31/7/2023).
Foto: Dok Lanud Adisutjipto
Sebanyak 33 Siswa Sekolah Penerbang A-100/ PSDP Penerbang TNI A-33 melaksanakan tradisi penyerahan brevet penerbang di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Senin (31/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 33 Siswa Sekolah Penerbang  A-100/ PSDP Penerbang TNI A-33  melaksanakan tradisi penyerahan brevet penerbang di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Senin (31/7/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wing Day Sekbang A-100, yang rencananya  dilaksanakan beberapa hari mendatang.

Tradisi penyerahan brevet penerbang diawali di Ksatrian Wirambara, kemudian ziarah Monumen TNI AU di Ngoto Banguntapan Bantul. Dilanjutkan  berlari dari Tugu Yogyakarta, menuju Lanud Adisutjipto, dan diakhiri dengan upacara penyerahan brevet penerbang di Apron Base Lanud Adisutjipto.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto dalam sambutannya mengatakan kegiatan tradisi yang dilaksanakan merupakan bentuk penghormatan dan kebanggan terhadap almamater, serta merupakan momentum yang  bersejarah bagi calon penerbang.

"Tradisi ini tujuannya mengantarkan para calon penerbang ke depan pintu gerbang awal pengabdian sesungguhnya," jelasnya.

Ia menambahkan, para calon penerbang ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi serta menanamkan prinsip untuk belajar sepanjang hayat.

Seusai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa tradisi mandi suci penyiraman air kembang dan pemberian santiaji dari seluruh pejabat dan instruktur yang hadir kepada para siswa calon penerbang. Ini bermakna kesiapan dan kesucian jiwa dan raga, dalam mengawali pengabdian kepada bangsa dan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement