Selasa 01 Aug 2023 14:21 WIB

Mencari Keong, Bocah Tenggelam di Sungai Progo

Karakter air Sungai Progo di permukaan cukup tenang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Seorang bocah bernama Gumebyar Manunggaling Cahyo (11) tenggelam di Sungai Progo, Kabupaten Kulon Progo, Senin (31/7/2023). Bocah asal Tirtorahayu, Kulonprogo, tersebut tenggelam saat mencari keong di muara Sungai Progo bersama temannya.

"Ada lima orang anak sedang mencari keong di pinggir muara Sungai Progo dan salah satu dari anak tersebut ada yang terlalu ke tengah dan salah satu pemancing melihat korban sudah tenggelam," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi, Selasa (1/8/2023).

Kamal menjelaskan, karakter air Sungai Progo di permukaan cukup tenang. Namun, untuk arus dalam cukup kencang ke arah utara.

Pencarian terhadap korban pun sudah dilakukan sejak Senin (31/7/2023) hingga Selasa (1/8/2023) ini. Pada hari kedua pencarian korban, tim SAR gabungan dibagi menjadi tiga Search and Rescue (SRU).

Kamal menyebut, SRU 1 melakukan penyisiran darat dari lokasi kejadian ke arah utara sejauh 200 meter dan ke arah selatan sejauh 300 meter. Sedangkan, SRU 2 melakukan pencarian menggunakan perahu karet dari lokasi kejadian dan menggunakan aqua eye.

"SRU 3 melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian," kata Kamal.

Pada hari kedua pencarian, korban pun berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan. Korban ditemukan dengan jarak 500 meter dari lokasi kejadian.

"Korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan SRU 1 pukul 08.30 WIB. Jarak penemuan 500 meter dari LKM (lokasi kejadian musibah) ke arah utara. Korban dievakuasi langsung ke rumah duka," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement