Ahad 27 Aug 2023 08:04 WIB

Ajang FIBA World Cup: Rekor Penonton Basket Tercipta di Indonesia Arena

Bangku yang penuh ini menghadirkan atmosfer yang menakjubkan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Yusuf Assidiq
Laga FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena GBK Senayan, Jakarta.
Foto: Republika/Fitriyanto
Laga FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena GBK Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rekor penonton bola basket tercipta di Indonesia Arena pada hari pertama penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/8/2023). Sebanyak 12.091 penggemar memadati venue indoor termegah di Indonesia ini untuk menyaksikan keberhasilan Kanada menaklukkan Prancis pada laga Grup H.

Ini merupakan jumlah tertinggi setelah kapasitas maksimal bangku penonton Indonesia Arena dikurangi untuk tribun wartawan dan kebutuhan lainnya terkait penyiaran. Bangku yang penuh ini menghadirkan atmosfer yang menakjubkan, terutama untuk pebasket yang berlaga.

“Ini menakjubkan. Mereka heboh, bersemangat, antusias. Itu sangat bagus, saya tidak sabar menjalani pertandingan berikutnya,” kata bigman Kanada Kelly Olynyk.

Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 menyambut gembira antusiasme penonton yang hadir menyaksikan Piala Dunia Bola Basket di Indonesia Arena.

 

"Jumlah 12 ribu lebih itu rekor penonton indoor untuk pertandingan olahraga yang digelar di Tanah Air. Kita bangga olahraga basket bisa menarik begitu banyak penonton untuk hadir memenuhi arena," kata Sekjen LOC FIBA World Cup 2023 Junas Miradiarsyah.

Ia berharap antusiasme penonton akan terus tinggi hingga pertandingan penyisihan berakhir di Indonesia Arena pada 3 September. Apalagi di pengujung akan ada pertandingan seru untuk menentukan dua tim yang lolos ke perempat final.

Junas mengatakan, panitia akan terus berusaha memperbaiki pelayanan kepada penonton berdasarkan masukan dari berbagai pihak. "Tentu saja konsen kami memberikan kenyamanan terbaik untuk penonton yang hadir di Indonesia Arena sepanjang penyelenggaraan FIBA World Cup 2023," kata Junas.

Di tempat lain yang juga menggelar FIBA World Cup 2023, Filipina juga membuat sejarah kehadiran penonton. Sebanyak 38.115 penggemar hadir di Philippine Arena untuk menyaksikan pertandingan tuan rumah melawan Republik Dominika di Grup A.

Rekor penonton ini sebenarnya juga di bawah kapasitas maksimal Philipine Arena yang bisa menampung 55 ribu orang. Rekor sebelumnya untuk pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA di arena indoor terjadi pada final Piala Dunia 1994 di Toronto, Kanada, ketika 32.616 penonton menyaksikan kemenangan AS di SkyDome.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement