Ahad 27 Aug 2023 12:51 WIB

Festival Prawirotaman Yogyakarta Sambut Wisman Liburan Musim Panas

Gelaran festival ini menghadirkan berbagai macam potensi budaya setempat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana kegiatan Festival Prawirotaman 2023 di Yogyakarta.
Foto: Dokumen
Suasana kegiatan Festival Prawirotaman 2023 di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penutupan event Festival Prawirotaman 2023 berlangsung meriah. Diselenggarakan selama dua hari, yakni 25-26 Agustus 2023, kegiatan ini menjadi ajang menyambut wisatawan mancanegara pada puncak musim panas (summer) yang datang dan singgah di Prawirotaman.

Sebelumnya, di hari pertama pada 25 Agustus 2023, festival diisi dengan talkshow di Rooftop Pasar Prawirotaman. Selanjutnya pada  26 Agustus 2023, festival ini diadakan di Jalan Prawirotaman I dengan menghadirkan berbagai macam potensi budaya Kampung Prawirotaman.

Antara lain potensi Budaya Kampung Wisata Dewa Bronto, Greget Gegayuhan, flashmob, serta masyarakat diajak untuk menyaksikan fashion show on the street. Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan edukasi bagi wisman ataupun lokal mengenai kisah sejarah Prawirotaman dan puncak acara penampilan dari Tami Aulia dan band.

Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, Festival Prawirotaman tahun ini mengambil tema Flower of the Universe. Tema ini diambil dari semangat yang ada pada Batik Sekar Jagad yang pernah menjadi motif batik andalan dari Prawirotaman.

Untuk diketahui, Festival Prawirotaman ini digelar sejak 2013 yang digagas oleh Komunitas Prawirotaman. Namun, mulai 2021, Festival Prawirotaman diselenggarakan oleh Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Ke depannya, Festival Prawirotaman akan diadakan secara rutin setiap tahunannya, sebagai festival musim panas guna menyambut wisman yang datang ke Prawirotaman.

"Festival Prawirotaman 2023 merupakan yang ketiga kalinya Pemkot Yogyakarta masuk di dalamnya. Namun, kita tetap melibatkan komunitas pengusaha, komunitas masyarakat, komunitas kampung  wisata yang ada di sini. Sehingga ini merupakan event kolaborasi dari seluruh komunitas yang selama ini beraktivitas di kawasan Prawirotaman," jelas Wahyu.

Pembukaan festival dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta Kadri Renggono dan Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Wahyu Hendratmoko.

Wahyu menambahkan, pada gelaran Festival Prawirotaman 2023 disesuaikan dengan budaya lokal dan mancanegara. Sehingga kehadiran festival ini menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

"Untuk isi tampilannya juga disesuaikan dengan budaya mereka dengan tidak mengurangi  budaya lokal seperti kita tampilkan tari-tarian dan akulturasi budaya yang menjadi sebuah tontonan yang apik bagi wisatawan yang ada di sini," ujar dia.

Ia berharap, ke depannya ini menjadikan Prawirotaman semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional agar datang kembali untuk memajukan perekonomian di Prawirotaman.

"Semoga festival ini berkenan dan memberikan impresif yang positif bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Sehingga mereka berencana datang kesini dalam waktu yang lebih dekat, dalam jumlah yang lebih banyak, membelanjakan uangnya lebih banyak lagi serta menginap di hotel-hotel Kota Yogyakarta lebih panjang lagi," katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta, Kadri Renggono berharap, Festival Prawirotaman menjadi ajang mengembangkan dan memberikan ruang bagi seluruh komponen masyarakat untuk memperlihatkan potensi yang ada di Prawirotaman agar semakin banyak wisatawan yang datang.

"Semoga kemampuan dan potensi warga Prawirotaman bisa dinikmati bagi masyarakat dan wisatawan mancanegara. Sehingga mereka terus berkunjung ke Yogyakarta, dan Festival Prawirotaman menjadi contoh keberhasilan keterlibatan masyarakat yang bisa mengaktualisasikan kegiatan sesukses ini, selamat dan sukses," ungkapnya.

Selanjutnya, salah satu warga Bambang Setiawan yang menikmati Festival Prawirotaman 2023, mengungkapkan terima kasih partisipasi pemerintah dalam mengangkat Prawirotaman menjadi kampung yang semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Kegiatan Festival Prawirotaman membuat warga dan UMKM setempat merasakan peningkatan perekonomian. Ia berharap, kegiatan ini terus diadakan agar wisatawan semakin banyak datang ke Prawirotaman.

"Warga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini mulai dari keamanan, UMKM mendukung dengan kegiatan ini. Saya berharap, secara rutin diadakan," kata dia menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement