Senin 04 Sep 2023 08:51 WIB

Survei ReVou: Instagram dan TikTok UGM Paling Populer

Ini merupakan survei pada platform medsos dari 15 kampus besar di Tanah Air.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Instagram. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Instagram. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- RevoU merilis survei terbaru  periode Q3 2023. Hasilnya menunjukan Instagram dan TikTok Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi platform media sosial paling populer dari 15 kampus besar di Tanah Air.

UGM jadi kampus urutan pertama dengan pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 1.074.900 pengikut. Selama satu tahun belakangan, UGM juga mendapat lebih dari 180 ribu pengikut baru dan satu-satunya kampus yang meraih satu juta pengikut.

Di platform TikTok, UGM juga menjadi kampus dengan pengikut terbanyak dengan  202.700 pengikut. UGM menjadi satu-satunya kampus yang meraih lebih dari 200 ribu pengikut di Tik Tok di antara kampus lain.

Sementara itu, di Platform X (sebelumnya Twitter) UGM masuk dua besar bersama UI dengan pengikut lebih dari satu juta. Kemudian LinkedIn UGM juga bersaing ketat berada di posisi ke dua setelah UI dengan jumlah pengikut 214 ribu orang.

Adapun untuk Youtube UGM memiliki 114 ribu subscriber dan berada di posisi ke dua di bawah ITB. Sekretaris UGM, Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, menegaskan UGM akan terus meningkatkan performa seluruh platform media sosial yang dimiliki agar lebih efektif digunakan sebagai sarana publikasi dan informasi.

"Kita dorong terus agar lebih strategis menjangkau audiens sehingga seluruh informasi maupun capaian UGM tersampaikan," kata Andi, Ahad (3/9/2023).

Ia pun bersyukur pengakuan terhadap platform media sosial UGM terus meningkat termasuk berbagai capaian prestasi dalam beberapa kompetisi kehumasan tingkat nasional.

Diketahui, RevoU memperoleh data tersebut dengan mengumpulkan dan membandingkan data pengikut di media sosial, jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus serta strategi konten.

Data terakhir diambil pada 1 Agustus 2023 menggunakan QS World Ranking 2024 untuk menyaring 15 universitas terbaik di Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement