Sabtu 09 Sep 2023 08:05 WIB

Erick Angkat Jempol Untuk Pasukan Garuda yang Sukses Bungkam Turkmenistan

Erick melihat ada pelajaran bagus dalam uji coba kali ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Fernan Rahadi
Penyerang Timnas Indonesia Eggy Maulana Fikri melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Turkmenistan dalam laga kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023)malam.
Foto: Dok.PSSI
Penyerang Timnas Indonesia Eggy Maulana Fikri melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Turkmenistan dalam laga kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023)malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bangga melihat penampilan tim nasional Indonesia saat berhadapan dengan Turkmenistan. Pasukan Garuda mengalahkan Karakum Warriors di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam WIB.

Erick menonton langsung partai tersebut dari dekat. Melalui laman resmi PSSI, ia mengatakan anak asuh Shin Tae Yong menjalani laga yang tak mudah. Kubu tamu memberikan tekanan.

Baca Juga

"Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi pemain yang bisa meraih tradisi kemenangan lagi," kata sosok yang juga bertugas sebagai Menteri BUMN itu.

Duel ketat tersaji sejak awal. Indonesia memimpin di menit ke-18. Tendangan voli Dendy Sulisyawan merobek jala Turkmenistan.

Tersengat situasi demikian, tim tamu merespons. Skuad polesan Mergen Orazow gencar menekan. Beruntung, pasukan Garuda mampu mempertahankan keunggulan.

Bahkan jelang laga usai, awak merah putih memperlebar jarak. Kali ini lewat aksi Egy Maulana Vikry. Egy membobol gawang Karakum Warriors, memanfaatkan umpan Stevano Lilipaly.

Erick melihat ada pelajaran bagus dalam uji coba kali ini. Pasalnya, ada agenda lain, yang juga sangat penting. Kedalaman skuad menjadi vital.

Shin Tae Yong membagi beberapa penggawa mudanya ke dua tim berbeda. Satunya di tim U-23 yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Sisanya dipasok ke kelompok senior.

"Meski menang, laga tadi memberikan pelajaran tentang pentingnya kerapatan generasi pesepakbola kita, terutama untuk mendukung timnas. Karena itu turnamen elite pro untuk suplai timnas, hingga pembinaan di U 17, U 15 sangat penting agar kita bisa membangun timmas yang tangguh. Ini momentum emas untuk memajukan timnas kita ke level di atas SEA Games," ujar Erick.

Hasil di GBT membuat timnas Indonesia mendapat tambahan 5,41 poin. Artinya, awak Garuda kini memiliki tabungan 1.052,87 poin. Fakta demikian membuat Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan berpotensi berada di posisi ke-147, alias naik tiga strip dari situasi saat ini.

Selanjutnya fokus penggemar Garuda teralih ke Timnas Indonesia U-23. Marselino Ferdinan dkk bakal berhadapan dengan Chinese Taipei (Taiwan) U-23 di Stadion Mahanan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement