Kamis 14 Sep 2023 14:59 WIB

Biasakan Pola Hidup Sehat, FK-KMK UGM Luncurkan Angkringan 8888

Sebesar 70 persen bagian tubuh manusia terdiri dari air.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Gaya hidup sehat (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Gaya hidup sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pokja Pola Makan Sehat Health Promoting University (HPU) FKKMK UGM meluncurkan Angkringan 8888 di Halaman Gedung Grha Wiyata FK-KMK UGM, Selasa (12/9/2023). Ketua Pokja Pola Makan Sehat HPU FK-KMK UGM, Siti Helmyati, mengatakan kegiatan itu berangkat dari fenomena kebiasaan seseorang tidak sarapan. Menurut penelitian, sarapan penting dalam memulai metabolisme harian, dan memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan makan, dan meningkatkan fungsi kognitif serta kinerja akademik.

"Fakultas menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswa FK-KMK UGM. Langkah ini sebagai upaya menginisiasi pola makan dan pola hidup sehat dengan cara yang sederhana di kalangan sivitas FK-KMK UGM maupun Masyarakat luas," kata Siti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/9/2023).

Siti menjelaskan bahwa angka 8 memiliki makna kestabilan dan konsistensi. Makna angka 8888 terdiri dari kebiasaan minum air putih delapan gelas sehari, sarapan pagi sebelum jam 8 pagi, melakukan aktivitas fisik berjalan 8.000 langkah, dan durasi tidur delapan jam sehari.

"Harapannya kebiasaan sederhana ini konsisten dilakukan sehingga membawa kestabilan dalam regulasi dalam tubuh," ucapnya.

Siti mengatakan bahwa 70 persen bagian tubuh manusia terdiri dari air. Maka tubuh memerlukan cairan yang cukup tiap harinya. 

"Manfaat minum air delapan gelas sehari yaitu memelihara fungsi ginjal, menghindari dehidrasi, mengurangi risiko kanker kandung kemih, memperlancar pencernaan, dan dapat mengontrol kalori," ungkapnya.

Selain itu aktivitas fisik juga penting dilakukan. Berjalan 8.000 langkah per hari dinilai dapat memberikan manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, memperkuat tulang dan otot tubuh. 

Kemudian sarapan sebelum jam delapan pagi juga perlu dilakukan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas. Terakhir, kualitas tidur delapan jam sehari juga diperlukan tubuh.

"Banyak manfaat dari tidur delapan jam sehari, yaitu dapat menghindari dari beberapa penyakit seperti stres, diabetes, hingga penyakit jantung. Selain berfungsi untuk mengistirahatkan otak, tidur dengan durasi yang cukup juga dapat mengontrol metabolisme pada manusia yang berfungsi untuk mengontrol kalori pada tubuh," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement