Selasa 26 Sep 2023 11:50 WIB

Gibran Enggan Komentari Soal Kaesang Jadi Ketua Umum PSI

Kaesang mengakui terdapat privilege sebagai anak Jokowi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sekaligus kakak tertua Kaesang Pangarep enggan berkomentar soal adiknya yang menjadi ketua umum PSI. 

Seperti diketahui, Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pengangkatan Kaesang sebagai Ketum PSI dilakukan saat Kopi Darat Nasional (Kopdarnas), Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Ditemui di balai Kota Solo, Gibran enggan berkomentar soal kabar Kaesang menjadi ketua umum PSI. Ia juga enggan ditanyakan mengenai urusan partai lain kepada dirinya. 

"Urusan PSI, kembali lagi ke PSI, jangan ditanyakan ke saya," kata Gibran, Selasa (26/92023).

Disinggung soal apakah dirinya sudah memberikan restu kepada adiknya, Gibran juga enggan menjawab hal tersebut. Ia meminta untuk menanyakan hal tersebut kepada partai yang bersangkutan. 

"Urusan PSI kembali ke PSI, saya tidak memberikan komentar untuk partai lain," katanya. 

Ditanya apakah dirinya tak menyangka Kaesang yang baru bergabung ke PSI sejak Sabtu (23/9/2023) dan dua hari kemudian ia menjadi Ketum, Gibran menegaskan itu adalah perihal internal partai PSI.  "Itu urusan PSI," katanya singkat.

Disinggung apakah ada ucapan selamat seperti yang diucapkan adik iparnya, Bobby Nasution kepada Kaesang, Gibran hanya menjawab pendek. "(Ucapan selamat seperti mas Bobby ke Kaesang) Wis podo ngono (sudah, sama kayak begitu)," katanya mengakhiri. 

Sebelumnya, Kaesang mengakui, terdapat hak istimewa sebagai anak Jokowi sebelum menerima posisi ketua umum PSI. "Oh privilege, privilege selalu ada, sudah gitu aja," ujar Kaesang usai Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023) malam.

"Ya privilege. Lah saya mengiyakan, kok masih diulang lagi," sambungnya menguatkan adanya hak istimewa tersebut.

Kaesang mengakui Jokowi adalah sosok yang menjadi inspirasinya untuk terjun ke dunia politik. Ia mengakui, Jokowi memang bukanlah pemimpin yang sempurna. Namun, ayahnya itu adalah sosok yang benar-benar memiliki komitmen untuk bekerja demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Yang kita harus contoh dari Pak Jokowi adalah beliau tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat, obat capeknya adalah bersalaman dengan masyarakat, vitamin lelahnya adalah senyum dan kebahagiaan masyarakat yang beliau temui," ujar Kaesang.

"Booster-nya adalah ketika beliau memutuskan kebijakan yang tepat bagi masyarakat Indonesia," ujar Kaesang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement