Kamis 28 Sep 2023 01:53 WIB

PT KAI Luncurkan Kereta Ekonomi New Generation di KA Jayabaya

Kereta ini melayani relasi Malang hingga Pasar Senen (PP).

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Interior kereta ekonomi generasi baru.
Foto: ANTARA/HO-KAI
Interior kereta ekonomi generasi baru.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru saja meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation pada Selasa (26/9/2023). Pada tahap awal, kereta ini dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Malang hingga Pasar Senen (PP).  

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pihaknya secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap diganti.

"Kini menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak lagi saling berhadapan," kata Luqman saat dikonfirmasi.

Adapun untuk KA Ekonomi New Generation memiliki jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi. Dengan demikian, leg room di kursi menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar. Bahkan, juga bisa diatur kemiringannya dan disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan.

Luqman pun mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia yang telah banyak memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam layanan KAI di segala lini. Salah satunya adalah melalui modifikasi KA Ekonomi New Generation.

Selain pada kursi, peningkatan modifikasi juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodifikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Menurut dia, KA Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi empat kereta eksekutif (K1). Kemudian lima kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan satu kereta makan pembangkit (MP3).

Adapun jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Malang - Pasar Senen yaitu berangkat dari Malang pukul 12.30 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 01.38 wib. Untuk relasi Pasar Senen – Malang yaitu berangkat dari Pasar Senen pukul 17.25 WIB lalu tiba di Malang pukul 06.20 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement