Jumat 29 Sep 2023 14:23 WIB

10 Fakta Perjalanan Putri Ariani Hingga Jadi Juara 4 AGT 2023

Dalam final AGT 2023, Putri Ariani memukau penonton saat berduet dengan Leona Lewis.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Putri Ariani saat tampil di babak final AGT 2023. Putri mendapat banyak dukungan, salah satunya dari musisi Cakra Khan.
Foto: Dok Youtube AGT
Putri Ariani saat tampil di babak final AGT 2023. Putri mendapat banyak dukungan, salah satunya dari musisi Cakra Khan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL - Putri Ariani meraih juara keempat dalam gelaran final America's Got Talents (AGT) 2023. Pengumuman kemenangan ajang AGT 2023 itu disampaikan pada Kamis (28/9/2023) WIB. 

Dalam gelaran tersebut, Putri Ariani berhasil memukau penonton saat berduet dengan Leona Lewis membawakan lagu Run. Pencapaian Putri Ariani ke acara tersebut tidaklah mudah. Sebelum AGT, gadis kelahiran tahun 2005 ini telah mengikuti berbagai kompetisi menyanyi. 

Baca Juga

Penasaran perjalanan Putri hingga sampai ke AGT 2023? Simak selengkapnya!

1. Belajar Musik Secara Otodidak

 

Sejak kecil Putri mempelajari musik secara otodidak tanpa mengikuti les vokal. Ia mulai tampil bernyanyi di panggung sejak berusia tujuh tahun.

2. Siswi di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta

Saat ini Putri merupakan siswi dari SMKN 2 Kasihan atau lebih dikenal sebagai Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta. Di sekolah tersebut ia mengambil spesifikasi instrumen Mayor Flute. Adapun ia juga pernah didaulat untuk penampil vokal solo dalam konser SMM.

3. Juara Indonesia's Got Talent 2014

Ajang pencarian bakat ini menjadi langkah awal Putri Ariani untuk ke dunia tarik suara profesional. Dalam audisi acara ini, Putri yang masih berusia delapan tahun berhasil membawakan lagu Beyoncé dengan sangat apik. Suara emas Putri berhasil membawanya menjadi juara dalam Indonesia's Got Talent 2014.

4. Tampil dalam The Voice Kids Indonesia 2017

Sukses di IGT 2014, Putri kembali menunjukkan bakatnya sebagai seorang penyanyi dalam The Voice Kids Indonesia. Meski baru berusia 11 tahun, ia telah berhasil menunjukkan kemajuan pesat dalam dunia tarik suara.

Dalam acara ini, pemilik nama lengkap Ariani Nisma Putri ini menyanyikan lagu band legendaris Queen "Somebody to Love". Sayangnya, Putri hanya berhasil sampai di babak Unjuk Nyanyi (Sing Off).

5. Pengisi Soundtrack Asian Para Games 2018

Asian Para Games merupakan langkah putri menuju penyanyi profesional. Ketika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018, Putri dipilih sebagai pengisi soundtrack untuk memberi semangat pada para atlet difabel. Soundtrack yang dinyanyikan Putri berjudul "Song of Victory" dan dibawakan dalam pembukaan ajang Asian Para Games 2018.

6. Pernah Daftar America's Got Talent 2018

Dalam kanal YouTube Irfan Hakim, Putri mengungkapkan bahwa ia pernah mencoba peruntungan dengan mendaftar AGT 2018.

"Waktu itu sudah pernah coba ikut (America's Got Talent), tapi pas apply nggak ada respons (tahun) 2018, kita sudah coba tapi dicuekin," ujar Putri Ariani.

Pada AGT 2023, Putri mendapatkan undangan untuk mengikuti audisi. Di sana ia berhasil memukau juri hingga menjadi finalis.

7. Dapat 'Golden Buzzer' dari Simon Cowell

Pada babak awal AGT 2023, Putri membawakan lagu orisinilnya berjudul Loneliness sambil memainkan piano. Kemudian Simon Cowell meminta Putri menyanyikan lagu lain dan ia menyanyikan lagu “Sorry Seems to Be the Hardest Word” dari Elton John. Semua hadirin terpukau oleh penampilan Putri, dan Simon Cowell kemudian menekan 'Golden Buzzer'.

8. Dapat Beasiswa ke The Juilliard School dari Kemenristekdikbud

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan beasiswa untuk Putri dapat bersekolah di The Juilliard School di AS. Beasiswa yang diberikan kepada Putri adalah Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Kemendikbudristek akan membantu penerima BIM, mulai dari persiapan masuk perguruan tinggi hingga proses perkuliahan.

9. Tampil Apik dalam Semifinal AGT

Dalam babak semifinal Putri Ariani digelar pada 6 September lalu, Putri menyanyikan lagu dari band U2 berjudul “I Still Haven’t Found What I’m Looking For”. Ia pun berhasil mendapat empat standing ovation dari juri.

10. Duet dengan Leona Lewis 

 

Dalam final AGT 2023, Putri Ariani berhasil memukau penonton saat berduet dengan Leona Lewis membawakan lagu Run. Meskipun telah memiliki banyak penggemar di AS, hasil voting hanya membawa Putri ke posisi empat. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement