Selasa 03 Oct 2023 15:37 WIB

Soal Kaesang Jadi Ketum PSI, FX Rudy: Nggak Masalah, Itu Kebebasan Berpolitik

Kaesang juga belum mempunyai Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.
Foto: Republika/Alfian
Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berkomentar soal putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang baru dua hari bergabung langsung menjadi ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

FX Rudy mengatakan tak mempersoalkan Kaesang bergabung ke PSI. Menurutnya, itu adalah salah satu hak Kaesang dalam menentukan pilihannya. "Lha ya udah wong itu pilihan kok. Nggak masalah," kata Rudy, Selasa (3/10/2023).

Ia mengatakan Kaesang belum mempunyai kartu tanda anggota (KTA) PDIP ketika bergabung dengan PSI. Ia juga mengatakan kebebasan berpolitik termasuk memilih partai sudah dijamin oleh undang-undang, hal itu termasuk pilihan adik bungsu Gibran Rakabuming tersebut bergabung ke partai lain.

"Mas Kaesang kan belum punya KTA PDI Perjuangan, memilih partai lain nggak masalah bagi saya. Jadi, kalau bicara kebebasan berpolitik, jadi nggak masalah, kebebasan berpolitik dijamin undang-undang. Nggak ada masalah," ujarnya.

Mantan wali kota Solo tersebut mengatakan terkait aturan beda partai di PDIP dalam satu keluarga adalah masih dalam satu kartu Keluarga (KK). Namun, Kaesang telah pisah KK baik dengan Jokowi maupun Gibran.

"Saya kan udah matur (bilang) dari awal. Yang namanya satu keluarga itu dalam KK. Kan KK-nya Pak Jokowi sudah tinggal dengan Ibu Ir Joko Widodo, Ibu Iriana, itu aja," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement