Rabu 04 Oct 2023 20:24 WIB

Indonesia-Australia Sepakat Memajukan Transisi Energi Rendah Emisi

Lokakarya ini mengumpulkan para ahli dari Konsorsium G-PST.

Badan sains nasional Australia, CSIRO, menyelenggarakan lokakarya (workshop)  tiga hari tentang Mempercepat Transisi Menuju Sistem Tenaga Listrik Rendah Emisi yang Canggih di Jakarta pada 25-27 September yang lalu.
Foto: Kedutaan Besar Australia Jakarta
Badan sains nasional Australia, CSIRO, menyelenggarakan lokakarya (workshop) tiga hari tentang Mempercepat Transisi Menuju Sistem Tenaga Listrik Rendah Emisi yang Canggih di Jakarta pada 25-27 September yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan sains nasional Australia, CSIRO, menyelenggarakan lokakarya (workshop)  tiga hari tentang 'Mempercepat Transisi Menuju Sistem Tenaga Listrik Rendah Emisi yang Canggih' di Jakarta pada 25-27 September yang lalu.

Lokakarya ini merupakan langkah selanjutnya dalam implementasi Kemitraan Iklim dan Infrastruktur Australia-Indonesia senilai 200 juta dolar Australia yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Albanese pada Juni 2022.

Lokakarya ini mengumpulkan para ahli dari Konsorsium Global Power System Transformation (G-PST), sebuah inisiatif global yang menyatukan pakar energi dari seluruh dunia untuk mempercepat transisi menuju nol emisi karbon, menawarkan solusi berbasis bukti untuk mengubah jaringan listrik menjadi sepenuhnya menggunakan energi terbarukan.

Sekitar 30 perwakilan senior dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan juga peserta dari ASEAN Centre for Energy berpartisipasi dalam diskusi mengenai tantangan dan peluang utama yang dihadapi oleh operator sistem dan perencana jaringan listrik dalam mengelola transisi menuju sistem tenaga listrik rendah emisi yang canggih.

Pemimpin Strategi Energi dari CSIRO, Chris Dunstan, mengatakan, peralihan ke sistem tenaga listrik rendah emisi di Indonesia merupakan langkah penting menuju masa depan energi yang berkelanjutan di Indonesia. "Kolaborasi kami dengan para mitra dari Konsorsium Transformasi Tenaga Listrik Global membuat kami dapat berbagi dengan Indonesia tentang berbagai solusi energi yang digunakan di Australia dan di seluruh dunia," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (4/10/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement