Ahad 08 Oct 2023 12:27 WIB

Teten: Lulusan Perguruan Tinggi Perlu Berperan dalam Kewirausahaan

Periode 2023 ini, UTA’45 Jakarta melepas 249 orang lulusan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Fernan Rahadi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (5/10/2023).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, berharap para lulusan perguruan tinggi dapat bagian dari pengembangan bangsa dalam menghadapi bonus demografi. Di mana, peran generasi muda dia sebut sangat diperlukan dalam hal kewirausahaan dan kreativitas serta inovasi untuk menciptakan bangsa yang berdaya saing. 

"Perlunya peran generasi muda dalam kewirausaahan dan kreativitas dan inovasi. Sebagai insan yang berpendidikan tinggi untuk menjadi wirausahawan tangguh dan berdaya saing," ujar Teten dalam siaran pers, Ahad (8/10/2023).

Hal itu dia sampaikan pada acara wisuda 249 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45) Jakarta pada Kamis 5 Oktober 2023 di Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara. Selain Teten, hadir pula Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Budi Djatmiko. Budi menyampaikan soal pentingnya generasi muda untuk dapat meneruskan estafet kepemimpinan. 

"Generasi muda, lulusan, dan mahasiswa penting untuk dapat meneruskan estafet kepemimpinan. Menjadi bagian dari bela negara. Menjadi bagian dari masa depan bangsa indonesia,” jelas dia.

Budi mengatakan, Indonesia merupakan negara kaya yang memiliki sumber penghasil komoditas dan pendapatan. Dari sana, banyak potensi yang diperoleh dari berbagai sektor pertambangan dan pariwisata alam. Generasi penerus bangsa dapat mengembangkannya dengan tetap dirawat, dibela, dikembangkan, dimanfaatkan, dirias, disyukuri dan dipelihara.

"(Perlu turut pula) menghapus korupsi, menegakkan keadilan, cacat hukum, ketahanan pangan, ketidaksetaraan sosial, dan lingkungan mapun teknologi," ujar Budi.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda UTA’45 Jakarta, Samsul Ode, menjelaskan, tema yang diusung kali ini adalah Melangkah Bersama UTA’45 Jakarta membangun generasi inovatif, berdaya saing, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Tema itu diusung dengan tujuan menciptakan generasi yang memiliki keterampilan inovatif.

Periode 2023 ini, UTA’45 Jakarta melepas 249 orang lulusan yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 114 lulusan. Fakultas Hukum sebanyak  35 lulusan. Fakultas Teknik sebanyak 33 lulusan. Fakultas Farmasi sebanyak 53 lulusan, Program Pascasarjana S2 sebanyak 13 lulusan dan doktoral sebanyak 1 lulusan.

Rektor UTA’45 Jakarta, J Rajes Khana, mengatakan, mahasiswa UTA’45 Jakarta harus mampu berkompetensi dan berkompetisi dalam dunia kerja, karena memiliki kesetaraan intelektual. Menjadi mahasiswa dengan partisipasi dalam tridharma pendidikan, dan berkontribusi pada Pengabdian masyarakat dan kegiatan sosial masyarakat.

"Memperluas jaringan, dan menjaga nama baik UTA’45 Jakarta dengan jiwa nasionalis dan dengan nilai Pancasila," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement