Senin 09 Oct 2023 01:08 WIB

Rel KA Jalur Solo-Wonogiri Diganti, Pangkas Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Rute kereta Solo-Wonogiri akan tetap melewati tengah kota.

Kereta railbus dengan rute Stasiun Purwosari Solo- Stasiun Wonogiri.
Foto: Antara/Maulana Surya
Kereta railbus dengan rute Stasiun Purwosari Solo- Stasiun Wonogiri.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT KAI berencana mengganti rel kereta api (KA) jalur Solo-Wonogiri. Dengan penggantian ini, diharapkan dapat memangkas waktu tempuh menjadi 30 menit saja.

"Rencananya (penggantian rel) tahun depan. Ini salah satu upaya kami untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi dan pariwisata di Solo dan Wonogiri," kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo.

Dijelaskan penggantian rel tersebut dari tipe R30, R33, dan R40 menjadi R54. Menurutnya dengan tipe rel tersebut kereta dapat melaju dengan lebih kencang.

Nantinya, KA Batara Kresna rute Solo-Wonogiri menempuh 10-30 km per jam dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit per perjalanan. 

"Untuk tipe rel yang menghubungkan Solo-Wonogiri itu saat ini masih R30, R33, dan R40. Dengan tipe rel seperti itu tidak memungkinkan untuk melaju cepat," jelasnya.

Kendati demikian, ia mengatakan tak ada perubahan jalur meski akan ada penggantian rel hingga bantalannya. Di mana rute Solo-Wonogiri akan tetap melewati tengah kota.

Didiek juga mengharapkan hal tersebut dapat menekan angka polusi jika masyarakat nantinya lebih memilih menggunakan angkutan massal, khususnya kereta.

"Harapannya bisa mengurai kemacetan, bisa mengurai polusi. Panas kan karena polusi, kalau kebanyakan orang bisa naik transportasi massal, harapannya polusi bisa ditekan, bumi tidak semakin panas. Untuk jalurnya tetap, jadi yang ada kita tingkatkan. Karena kalau relnya R54 itu kan gede, nanti sambunganya kita perbaiki, bantalnya kita perbaiki,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement