Rabu 18 Oct 2023 12:36 WIB

Spanyol Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Senilai 1 Juta Euro

Kedubes Israel menuduh sejumlah politisi Spanyol berpihak pada Hamas.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Fernan Rahadi
Menteri Luar Negeri Spanyol, Joe Manuel Albares
Foto: EPA-EFE/MARCIAL GUILLEN
Menteri Luar Negeri Spanyol, Joe Manuel Albares

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Menteri Luar Negeri Spanyol Joe Manuel Albares mengatakan negaranya akan meningkatkan paket bantuan kemanusian ke Jalur Gaza senilai 1 juta euro dan bersiap mengirimkan lebih banyak lagi.

"Bantuan harus sampai ke masyarakat sipil Gaza dan Spanyol siap dan bersedia berpartisipasi, (lebih banyak paket) akan datang, karena semua titik menunjukkan membutuhkan lebih banyak (bantuan)," kata Albares dalam konferensi pers Selasa (18/10/2023).

Baca Juga

Pada Senin (17/10/2023) Kedutaan Besar Israel di Madrid menuduh sejumlah politisi Spanyol berpihak pada gerakan perjuangan Palestina, Hamas setelah tiga menteri negara itu mengkritik pengeboman Israel ke Gaza. Akan tetapi kementerian luar negeri Spanyol membantah tuduhan tersebut.

Pemerintah Spanyol menegaskan mereka mengecam serangan Hamas ke Israel, tetapi juga mendesak perlindungan bagi warga sipil di Gaza. Spanyol mengatakan setiap perwakilan partai politik bebas mengungkapkan posisi mereka pada demokrasi seperti Spanyol.

Saat ditanya mengenai ketegangan diplomatik tersebut, Albares menggambarkan sebagai 'insiden satu kali' pad hubungan bilateral yang telah diselesaikan dengan pernyataan kementeriannya dan komunikasi dengan duta besar. Ia mengkarakterisasi tuduhan kedutaan besar Israel sebagai sikap tidak bersahabat terhadap pemerintah Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement