Jumat 20 Oct 2023 08:48 WIB

Kesempurnaan Lafalkan Alquran Penting Dimiliki Imam Shalat Berjamaah

Imam shalat yang dipilih sebaiknya yang terbaik.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Yusuf Assidiq
Shalat berjamaah (ilustrasi)
Foto: Hery Purnama
Shalat berjamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kesempurnaan dalam melafalkan Alquran merupakan salah satu keutamaan yang penting dimiliki oleh setiap imam dalam memimpin ibadah shalat berjamaah. Oleh karena itu, imam shalat yang dipilih sebaiknya yang terbaik.

"Tentunya ini sangatlah penting dan itulah mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar dalam mengangkat imam shalat berjamaah hendaknya diutamakan Muslim-muslim yang terbaik atau terpilih. Agar kekhusyukan yang menjadi salah satu syarat kesempurnaan shalat dapat terjaga dan shalat semakin afdal," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pembinaan Tahsin Alquran Imam Masjid Raya Al-A'zhom Kota Tangerang 2023 di Gedung Karya Bakti (Tangerang Super Block), Kota Tangerang, Banten, Kamis (19/10/2023).

Untuk itu, Sachrudin, menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan tahsin Alquran tersebut.

"Apresiasi kami sampaikan karena hal ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas bacaan Alquran bagi para imam khususnya imam Masjid Raya Al-A'zhom. Di mana hal ini tentunya sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Tangerang dalam mewujudkan kota yang berakhlakul karimah," ujarnya.

Lebih lanjut, Sachrudin berpesan kepada para imam yang hadir agar dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu serta wawasan yang didapat terutama dalam upaya mengamalkan nilai-nilai islam dalam Alquran.

Sebab, imam ini adalah pemimpin tidak hanya dalam shalat melainkan juga bisa di dalam keluarga, bermasyarakat, dan bernegara.

"Dengan kita membaca Alquran dengan baik dan benar, insya Allah nilai-nilai positif dalam Alquran yang kita lafalkan juga dapat tersampaikan dengan sempurna sehingga dapat terwujud masyarakat yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement