Senin 23 Oct 2023 08:35 WIB

Tak Hadir Saat Dideklarasikan Prabowo, Gibran: Saya Harus Selesaikan Pekerjaan

Pantauan Republika, Gibran masih berdinas seperti biasanya.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jakarta, Ahad (22/10/2023).
Foto: Dok. Partai Demokrat
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jakarta, Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming tak hadir saat namanya dideklarasikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ahad (22/10/2022) malam. 

Pantauan Republika, Gibran masih berdinas seperti biasanya. Ia hadir di balai kota Solo sekitar pukul 07.54 WIB mengenakan pakaian batik. 

Baca Juga

Disinggung soal ketidakhadirannya di acara deklarasi, Putra sulung presiden Jokowi mengaku harus menyelesaikan pekerjaannya sebagai wali kota Solo. "(Alasan kemarin gak hadir deklarasi) Ya karena saya hari ini saya harus menyelesaikan pekerjaan saya di Solo ya," kata Gibran, Senin (23/10/2023).

Ditanya awak media soal langkah apa selanjutnya yang akan dilakukannya setelah resmi dideklarasikan, Gibran tak menjawab. Ia terlihat terburu-buru dan langsung masuk ke ruangannya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto baru saja mengumumkan pasangannya untuk maju di Pemilihan Presiden 2024, Ahad (22/10/2023) malam. Prabowo bersama partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) memilih Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wapres. Gibran adalah kader PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai wali kota Solo. Gibran adalah putra sulung Presiden Joko Widodo.

Namun, Gibran justru tidak hadir dalam deklarasi pasangan Prabowo kali ini. Padahal dalam dua kali deklarasi sebelumnya, bakal cawapres Prabowo selalu hadir. Pada 2014, Prabowo menggandeng Hatta Rajasa saat deklarasi di Rumah Polonia, Cipinang, Jakarta Timur. Keduanya mengenakan pakaian warna putih disertai peci hitam. Di 2019, Prabowo terlihat sudah berdampingan bersama Sandiaga Uno, keluar dari pagar rumahnya untuk deklarasi.

Namun, pada Ahad malam, Prabowo tampil "sendiri". Ia hanya ditemani oleh para ketua umum parpol anggota koalisi yang mengenakan batik warna-warni. Tidak ada Gibran di samping Prabowo. Ke mana putra sulung Presiden Jokowi itu?

Apa kata Prabowo terkait ketidakhadiran Gibran? Prabowo justru tidak menjawab apa pun saat ditanya pers terkait mengapa Gibran tidak hadir. Ia hanya melambaikan tangan dan segera masuk ke dalam rumah. Ia sebelumnya menegaskan soal waktu deklarasi pada Rabu, bersama Gibran ke KPU. 

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik. Kita telah berembuk secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wapres," kata Prabowo disambut tepuk tangan meriah, para ketua umum parpol, dan fungsionaris koalisi.

"Saya kira itu pengumuman yang saudara tunggu. Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum. Tanggal 25 hari Rabu kita akan mendaftar ke KPU," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement