Rabu 15 Nov 2023 09:24 WIB

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Sedang-Lebat di DIY Hari Ini

Potensi hujan dapat terjadi di sebagian besar wilayah DIY.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Cuaca. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Cuaca. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA kembali memprediksikan adanya potensi hujan yang terjadi di DIY pada Rabu (15/11/2023) ini. potensi hujan diperkirakan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Potensi hujan sedang-lebat dapat terjadi siang hingga sore hari," kata BMKG Stamet YIA, Rabu (15/11/2023).

Potensi hujan ini dapat terjadi di sebagian besar wilayah DIY. Mulai dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul bagian utara, Kabupaten Kulonprogo bagian utara, dan Kabupaten Gunungkidul bagian utara.

"Sedangkan untuk suhu udara bisa mencapai 23-34 derajat celcius, dan kelembaban udara mencapai 59-97 persen," ungkap BMKG Stamet YIA.

BMKG Stamet YIA pun mengeluarkan peringatan dini, khususnya di wilayah-wilayah yang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini. Untuk itu, masyarakat DIY diminta agar waspada.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara," jelas BMKG Stamet YIA.

Sementara itu, pada 15 November ini BMKG Stamet YIA juga mengatakan bahwa arah angin bergerak dari timur ke selatan dengan kecepatan maksimum 30 kilometer per jam. Hal ini menjadikan adanya potensi tinggi gelombang laut mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter di perairan selatan DIY.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 1,25 meter sampai 2,5 meter atau masuk kategori sedang," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement