Kamis 16 Nov 2023 12:36 WIB

Wilayah DIY Siang Hingga Sore Ini Diprediksi Hujan Sedang-Lebat

Potensi hujan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi Kamis (16/11/2023) ini akan terjadi hujan di wilayah DIY. Potensi hujan diprediksi dengan intensitas sedang hingga lebat.

Dikatakan, kondisi cuaca ini diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari. Hujan diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah di DIY.

 

"Potensi hujan sedang-lebat di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara dan tengah," kata BMKG Stamet YIA, Kamis (16/11/2023).

 

Untuk itu, BMKG Stamet YIA mengeluarkan peringatan dini, khususnya di wilayah-wilayah yang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini. Masyarakat DIY pun diminta agar waspada.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogya, Sleman, Bantul bagian utara, Kulonprogo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara dan tengah," ujar BMKG Stamet YIA.

Pada malam hari juga diperkirakan kondisi cuaca di DIY akan terjadi hujan. Namun, hujan diperkirakan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Potensi hujan ringan-sedang di seluruh wilayah DIY," kata BMKG Stamet YIA. Selain itu, pada 16 November ini BMKG Stamet YIA juga mengatakan arah angin bergerak dari tenggara ke selatan dengan kecepatan maksimum 25 kilometer per jam.

Atas kondisi tersebut, tinggi gelombang laut mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter di perairan selatan DIY. Artinya, tinggi gelombang di perairan selatan DIY hari ini diperkirakan tidak tinggi.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 1,25 meter sampai 2,5 meter atau masuk kategori sedang," ujar BMKG Stamet YIA.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement